Huawei Sukses Cetak 100 Ribu Talenta Digital Lebih Cepat

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id– Melalui salah satu programnya, Indonesia Digital Talent Day,Huawei Indonesiakembali mewujudkan komitmen nyata mereka dalam mendukung program ‘Menuju Indonesia Emas 2045’.

Huaweitelah beroperasi lebih dari 30 tahun di Indonesia, kami turut berinisiatif berpartisipasi dan berkontribusi untuk program besar ini,” ujar CEO Huawei Indonesia Guo Hailong, Rabu, (20/12) dalam acara Huawei Indonesia Digital Talent Day.

Kontribusi ini dilakukan Huawei dengan menggandeng Kantor Staf Presiden dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dan mitra lainnya untuk mencetak talenta digital dalam kurun waktu 5 tahun, tepatnya di tahun 2025.

Namun, di tahun ketiga setelah penandatangan MoU, Huawei mencapaimilestonebaru dimana 100 ribu talenta digital yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa universitas dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia telah tercapai.

 

 

“Huawei berkomitmen mencetak talenta digital sebanyak 100 ribu talenta digital dalam kurun waktu 5 tahun, kami bekerja sama dengan KSP dan Kementerian lainnya untuk mencapai hal ini. Hari ini, kami sangat bangga mengumumkan bahwa target kami ini selesai satu tahun lebih dulu,” tambah Guo Hailong.

Program talenta digital ini melibatkan banyak pihak, termasuk Kantor Staf Kepresidenan, Kemendikbud Ristekdikti, Kemkominfo, KPPPA, BSSN. 

Kolaborasi ini menyediakan pengenalan industri dan menyiapkan rantai pasar serta menghadirkan pelatihan kepada 12,4 ribu orang peserta talenta digital. Ada juga pelatihan talenta digital secara online yang diikuti lebih dari 61 ribu peserta

Selain itu, ada pula kerja sama dengan perguruan tinggi melibatkan 27,7 ribu orang yang ikut pelatihan talenta digital, termasuk membangun laboratorium. Huawei juga menggelar kompetisi ICT (Information and Communication Technology) untuk menstimulasi mahasiswa agar memiliki ketertarikan pada pengembangan produk digital.

AcaraHuawei IndonesiaDigital Talent Day ini juga dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, Moeldoko. Beliau menyambut baik komitmen dan kolaborasi yang telah dilakukan oleh Huawei Indonesia.

 

 

“Beberapa tahun lalu, kami menandatangani MoU dengan Huawei untuk sebuah program yang luar biasa, yaitu memberikan 100 ribu kuota untuk anak-anak indonesia untuk menjadi digital talent. Di dalam perkembangannya, sampai dengan saat ini target ini sudah terpenuhi, relatif lebih cepat dari apa yang direncanakan,” kata Moeldoko saat ditemui awak media, Rabu, (20/12).

Melihat pencapaian serta track bagus ini, Moeldoko menyampaikan rencana selanjutnya yang akan dilaksanakan oleh Huawei bersama dengan stakeholder yang terlibat.

“Untuk program berikutnya, Huawei telah menyiapkan rencana ke depan telah berbicara dengan para stakeholder untuk meningkatkan target menjadi 200 ribu talenta digital Indonesia agar bisa mencapai 9 juta talenta digital di tahun 2045,” tambah Moeldoko.

Ia menambahkan kalau rencana ini bisa terwujud dengan cara berkolaborasi dengan stakeholder sehingga digital talent ini bisa bertumbuh dengan pesat.