Ini Cara Daftar dan Aktifkan eSIM Telkomsel yang Baru Dirilis

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id– Telkomsel akhirnya secara resmi meluncurkanEmbedded SIM (eSIM)di Indonesia pada hari ini, Rabu, (03/02) setelah sebelumnya merilis terbatas untuk turis pada Desember 2023 lalu.

Dilihat dari website resminya, pengguna sudah bisa melakukan pembelian secara online melalui website resmiTelkomsel eSIMdengan harga mulai dari Rp25.000 dengan jaringan mulai dari 2G, 3G, 4G, dan 5G.

 

 

Salah satu keunggulan darieSIMini adalah agar pengguna bisa mengakses jaringanTelkomselke perangkat tanpa menggunakan SIM Card fisik. Kelebihannya, pengguna bisa mengoptimalkan fitur dual SIM pada perangkat yang hanya menyediakan satu slot SIM fisik (dan eSIM).

eSIM Telkomsel bisa digunakan di tablet, gawai pintar, atau jam pintar yang sudah mendukung eSIM. Saat ini, beberapa smartphone yang sudah mendukung eSIM Telkomsel ini adalah Apple, Samsung, Huawei, Motorola, OPPO, Microsoft Surface, Pixel, Sharp, Sony, Xiaomi, Rakuten, Honor, dan Nokia.

Untuk mendapatkan eSIM ini, kalian hanya perlu menyiapkan KTP dan KK untuk registrasi perdana eSIM Telkomsel. Sementara untuk pelanggan WNA, kalian bisa mendaftar dengan validasi KITAS.

Nah, sebelum memasang eSIM Telkomsel, kalian perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

 

 

Pertama, pastikan dulu perangkat kalian compatible dan mendukung eSIM. Kedua, lakukan pembelian eSIM di laman resmi Telkomsel. Setelah itu, kalian akan mendapat paket eSIM berupa kode QR untuk mengaktifkannya.

Setelah eSIM aktif, kalian bisa menggunakannya untuk mengakses layanan seluler seperti data, SMS, dan telepon.

Nah, lebih lengkapnya, kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara aktivasi eSIM Telkomsel di Android:

  1. Pilih “Pengaturan” --> pilih “Koneksi”.
  2. Pilih “Manajer Kartu SIM”.
  3. Tambahkan “Paket Seluler”.
  4. Pilih “Pindai QR Code”.
  5. Pindai QR Code.
  6. Klik “Tambahkan” dan konfirmasi.
  7. Registrasikan eSIM dan klik “Oke” untuk aktivasi eSIM.

Cara aktivasi eSIM Telkomsel di iOS:

  1. Pilih “Pengaturan” --> pilih “Seluler”.
  2. Klik “Tambah Paket Seluler”.
  3. Pilih “Gunakan QR Code”.
  4. Pindai QR Code.
  5. Konfirmasi dengan klik “Tambah Paket Seluler”.
  6. Pilih koneksi yang akan digunakan.

Beberapa smartphone yang sudah mendukung eSIM adalah iPhone XR hingga iPhone 15 series dan iPhone SE versi 2020 dan 2022. Ada juga smartphone Huawei P40 series dan Mate P40 Pro.

Kemudian, Oppo Find X3 Pro, X5 Pro, X5, A55s 5G, Reno 5 A dan Find N2 Flip. untuk Samsung, mulai dari Z Flip dan Fold Series, S20 Series, S21 Series, S22 Series, S23 Series, S24 Series dan Galaxy Note 20 Series.

Terakhir, Xiaomi Redmi Note 13 Pro series, Xiaomi 12T Pro, dan Xiaomi 13 Series.