Ini Smartphone Gaming Para Atlet di World Esports Championship 2022

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Kejuaraan 14th World Esports Championship 2022 mempertandingkan 6 cabanggame, dimana dua diantaranya merupakangame mobilepopuler, Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile. Agar keduagametersebut bisa dimainkan secara maksimal oleh para atlet, Samsung Galaxy S22 Ultra dipilih sebagaideviceutamanya.

Kita tau,gamemultiplayer online battle arena(MOBA) seperti Mobile Legends maupungamedengangenrebattle royaleseperti PUBG Mobile, memerlukan ponsel dengan kualitas layar terbaik dan performa mumpuni agar pengalamangamingtak berasa ‘kentang’. 

Keduagameini sebenarnya bisa dimainkan dismartphonekelas menengah, tapi ditampilkan dalam grafis yang terbatas dengan frekuensi FPS (frame rate per second) yang standar juga. 

Agar memberikan pengalamangamingmaksimal bagi para atlet dan membuat setiap lagagame mobileyang dipertandingkan di World Esports Championship 2022 ini makin kompetitif, maka dipilihlah Samsung Galaxy S22 Ultra sebagaismartphoneutama di kejuaraan dunia ini.

Samsung Galaxy S22 Ultra merupakansmartphone flagshipyang telah dipasarkan di Indonesia sejak Februari tahun ini. Ponsel ini menjadismartphonepertama di Indonesia dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1, salah satuchipsetpaling kencang di dunia sekarang.

Baca juga:Target eSports Indonesia Berikutnya, Borong Emas di SEA Games 2023

Prosesor ini memiliki kartu grafis Adreno 730, salah satu GPU terkuat untuksmartphonesekarang. Pemrosesan grafis dijamin berjalan dengan begitu lancar, terutama untuk keperluangaming‘kelas berat’ sepertigamedengan kualitas grafis AAA.

Dipadukan dengan RAM 8 GB atau 12 GB berjenis LPDDR5 dengan penyimpanan internal hingga 512 GB berjenis UFS 3.1, membuatgameapapun yang dimainkan dengan ponsel ini berjalan dengan lancar pada grafis ‘rata kanan’.

Apalagi layarnya yang sudah mendukungrefresh rateadaptif 120Hz, menjamingameplay gameyang dimainkan bakalsuper smoothdi grafis yang tertinggi. Info saja, Samsung Galaxy S22 Ultra mengusung panel Dynamic AMOLED 2X buatan Samsung sendiri yang menyuguhkan visual terbaik di kelasnya.

Layarnya berukuran 6,8 inci dengan tepian melengkung sehingga terlihatbezel-less. Resolusinya pun sudah tinggi, QHD+ atau 1.440 x 3.088 piksel. Pengguna juga bisa menurunkan resolusi layar ke Full HD+ untuk menghemat konsumsi daya baterai.

Gak cukup itu saja, ada fitur HDR10+, intensitas cahaya 1.750 nits buat pemakaian di luar ruangan,screen to body ratioyang mencapai 90,2 persen, serta lapisan kaca Gorilla Glass Victus+ yang super tangguh.

Baca juga:Bangga! Indonesia Juara Umum Piala Dunia eSports 2022

Maingamenyaman, baterainya awet

Di kompetisi World Esports Championship 2022,gameMobile Legends dan PUBG Mobile dipertandingkan dengan skemabest of 3ataubest of 5pada partai puncaknya. Hal ini membuat setiapgameberjalan dalam durasi yang cukup lama, sekitar 15 hingga 30 menit tiapgame-nya.

Ada duaconcerndi sini, suhu ponsel dan juga ketahanan baterai. Samsung Galaxy S22 Ultra dirancang menggunakan bodi bermaterial kaca berkualitas tinggi. Kalau maingameberat dalam durasi yang cukup lama, biasanya bodi kaca menimbulkan suhu hangat yang lumayan mengganggu.

Samsung mengerti kondisi tersebut, sehingga perusahaan mengembangkan sistem pendingin yang lebih baik untuk mengatasinya. Samsung mengusung sistem pendingin bernama ‘Gel-TIM’,thermal pastaterbaru yang mampu mentransfer panas 3,5 kali lebih efisien.

Tepat di ataslayerpendingin, terdapat Nano-TIM, komponen yang melindungi interferensi elektromagnetik. Nano-TIM dapat mentransfer panas kevapor chambersecara lebih efektif. Komponen ini juga lebih tahan di bawah tekanan, ketimbang sistem pendingin serupa di kelasnya.

Berbicara soalvapor chamberatau ruang uap, komponen ini mencakup area yang lebih luas hingga ke baterai untuk menjaga suhu tetap normal dan mencegahoverheat

Baca juga:FOTO: Melihat Arena Berkelas World Esports Championship 2022 di Bali

Vapor chamberdi Samsung Galaxy S22 Ultra terbuat dari baja tahan karat, sehingga punya daya tahan yang lebih lama. Kemudian solusi pendinginan terakhir yang diberikan untuk Galaxy S22 Ultra adalah lembaran grafit lebar yang menyebarkan panas dari ruang uap.

Sistem pendinginadvanceddismartphoneini setidaknya tetap membuat tangan paragamertetap nyaman saat menggenggamsmartphonesepanjang pertandingan. Rasa hangat mungkin masih ada, tapi dalam taraf yang normal dan tak berlebihan.

Soal baterai, Samsung Galaxy S22 Ultra ditopang oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang mampu bertahan berjam-jam untuk bermaingame. Proses pengisian baterainya pun bakal lebih cepat berkat teknologifast charging45W dengan teknologipower delivery3.0.