Ini yang Bikin Samsung Galaxy Flip5 dan Fold5 Tahan Banting

pada 9 bulan lalu - by

Uzone.id -Salah satu momok yang menakutkan banyak calon pengguna ponsel lipat adalah soaldurabilitas. Banyak yang beranggapan dengan mekanisme dilipat ponsel bisa lebih cepat rusak, padahal ponsel lipat terkini punya durabilitas yang sama baik dengan ponsel pintar pada umumnya. 

Misalnya saja Samsung Galaxy Flip dan Fold yang kini sudah memasuki seri kelima. Selama beberapa generasi ponsel ini sudah mengalami banyak sekali perubahan, dan bukan cuma dari sisi spesifikasi saja yang dibuat makin kencang, mekanisme buka tutup serta durabilitasnya juga semakin disempurnakan.

Samsung Galaxy Flip5 dan Fold5 kini punya struktur engsel terbaru yang membuatnya tidak hanya bisa membuat ponsel tertutup rapat, tapi durabilitas yang tahan banting.

Salah satu tes yang diperlihatkan adalah uji buka dan tutup ponsel yang sudah diverifikasi langsung oleh Bureau Veritas. Engsel dan layar dari keduanya tetap bertahan dengan baik meski sudah melalui 200 ribu kali siklus buka dan tutup.

Desain Flex Hinge dengan struktur rel ganda juga berdampak untuk mengurangi efek benturan saat ponsel terjatuh. Terbukti ketika Samsung menempatkan Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 pada ruang yang berputar-putar, membanting ponsel cukup keras ke permukaan.

Pengujian ini menyimulasikan kejadian sehari-hari, dimana smartphone bisa saja jatuh dari ketinggian tertentu yang berpotensi menimbulkan kerusakan. Dari tes ini, kedua smartphone lipat ini masih bertahan dengan aman.

Tahan Air dan Goresan

Seakan tidak cukup cuma memperkuat mekanisme engselnya saja, Samsung juga menawarkan beberapa fungsi yang membuat Galaxy Flip5 dan Fold5 punya durabilitas lebih, yakni dengan memberikan ketahanan terhadap air.

Samsung Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 sudah mengantongi rating IPX8 tahan air, dengan rating ini berarti kedua ponsel sudah tahan air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Rating ini tak serta-merta diberikan begitu saja. Ada serangkaian tes yang dilalui, seperti pada video yang menunjukkan ponsel direndam perlahan dan disemprot agak keras pada sekujur bodinya. Smartphone lipat generasi terbaru itu berhasil selamat. Layarnya tetap menyala, berfungsi seperti biasanya tanpa ada masalah.

 

 

Selain itu Samsung juga membenamkan proteksi lebih pada Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 dengan memberikan lapisan Gorilla Glass Vitus 2 disekujur layar kedua ponsel itu. Hal ini membuat kedua ponsel lipat itu lebih tahan banting dari generasi sebelumnya.

Untuk membuktikan daya tahan kedua ponsel itu, Samsung melakukan serangkaian pengujian mulai dari yang mudah hingga ke tahap yang lebih ekstrem.  Untuk tes yang mudah, lengan robot menggoreskan ujung S Pen pada semua area layar bagian dalam dengan tekanan tertentu.

Sementara tes yang sulit, bola baja dijatuhkan dalam ketinggian tertentu untuk mengenai layar bagian dalam smartphone. Kedua pengujian ini untuk mengetahui seberapa kuat layar dalam menangani tekanan, dan kedua tes itu pun berhasil dilalui dengan baik.

 

 

Samsung Galaxy Z Flip5 dan Z Fold5 telah resmi dijual di Indonesia. Skema pre-order pun dibuka, dimana Samsung mematok harga Galaxy Z Flip5 di angka Rp15.999.000 untuk model 8/256 GB dan Rp17.999.000 untuk varian 8/512 GB.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy Z Fold5, ponsel ini dijual mulai Rp24.999.000 untuk tipe 12/256 GB, Rp26.999.000 untuk varian 12/512 GB, dan Rp29.999.000 untuk versi tertinggi dengan RAM 12 GB dan memori 1 TB.