Inikah Ponsel Snapdragon 8 Elite Pertama di Indonesia?

pada 5 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Xiaomi 15 Seriesjadismartphonepertama secara global yang ditenagai Snapdragon 8 Elite besutan Qualcomm. Tapi kalau di Indonesia, bukan Xiaomi 15, tapi iQOO 13.

Ada beberapa bukti sahih kenapa kami beranggapan demikian. Pertama, Vivo sudahrevealtanggal peluncuraniQOO 13. Suksesor iQOO 12 itu akan melenggang resmi di China pada 30 Oktober mendatang.

Bukti kedua, iQOO 13 sudah mengantongi dua izin utama sebelum resmi diedarkan di pasaran Indonesia. iQOO 13 sudah muncul dalam database TKDN Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan e-Sertifikasi Postel Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi).

 

 

Di situs TKDN, iQOO 13 dengan nomor model I2401 mengantongi nilai 35,98 persen dan sudah mendukung jaringan 5G di tanah air. Sementara di e-Sertifikasi, iQOO 13 menerima sertifikasi bernomor 104515/SDPPI/2024 pada 21 Oktober 2024.

Dan bukti sahih yang ketiga, akun Instagram resmi iQOO Indonesia telah mengumumkan kalau iQOO 13 bakal menjadi smartphonepertama di Indonesia yang resmi dengan prosesor Snapdragon 8 Elite.

"Kami bangga mengumumkan bahwa iQOO 13 akan menjadi ponsel pintar pertama di Indonesia yang dilengkapi chip luar biasa ini, yang dibuat melalui kolaborasi inovatif antara Vivo dan Qualcomm JOINT LAB," tulis akun @iqoo_id.

Bila semuanya berjalan lancar, maka iQOO akan mengulang kesuksesan mereka di tahun lalu. Jelang akhir 2023, iQOO 12 meluncur di Indonesia sebagaismartphoneAndroid pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 3.

Bocoran spesifikasi iQOO 13

Sebelumnya diberitakan, iQOO 13 bakalan mengusung layar AMOLED dari BOE dengan bentangan 6,7 inci dengan resolusi maksimal 2K. Dukunganrefresh rate-nya tembus 144Hz yang dimaksimalkan oleh fitur Game Frame Interpolation seperti sebelumnya.

Layarnya disematkan ultrasonic in-screen fingerprint yang lebih responsif mengenali sidik jari pengguna untuk membuka kunci layar. 

 

 

Dapur pacu Snapdragon 8 Elite akan disandingkan dengan RAM LPDDR5X berkapasitas besar hingga 16 GB dan memori penyimpanan 512 GB. Baterai besar dihadirkan untuk menopang dayanya, dimana kapasitasnya meningkat jadi 6.150 mAh yang didukung fast charging 100W.

Di bagian kamera, iQOO 13 membawa tiga kamera 50 MP di belakang dengan lensa wide,ultrawide, dantelephotodengan 2xoptical-zoom. Di depan, ada kamera selfie 32 MP. 

Fitur lainnya,smartphoneini dibuat menggunakan material metal untuk sasisnya, punya strip Halo Light, serta mengantongi rating IP68 yang lebih baik dari sebelumnya.