Inovasi Driver Ojol, Telkomsel Diganjar Penghargaan Internasional

pada 4 bulan lalu - by

Uzone.id -Atas keberhasilan Implementasi Paket Layanan Khusus Ride Hailing dengan Fitur Differensiasi QoS Class Identifier (QCI), Telkomsel mendapatkan penghargaan internasional sebagai Enterprise Solution Excellence dari Global Telecoms (Glotel) Awards 2023.

Diselenggarakan oleh Telecoms.com, Glotel Awards 2023 dilangsungkan khusus untuk mengakui inovasi dan keunggulan dari perusahaan-perusahaan kelas dunia yang terlibat dalam memajukan dan mengubah industri telekomunikasi global.

Pada malam penghargaan Glotel Awards 2023 di London (30/11), implementasi solusi QCI oleh Telkomsel dianggap telah menunjukkan tingkat inovasi yang signifikan dalam pemanfaatan teknologi telekomunikasi secara kontemporer oleh korporasi melalui produk dan layanannya.

Sesuai dengan kebutuhan lebih dari 2,6 juta mitradriverlayanan transportasi daring terbesar di Indonesia pada 2022 akan konektivitasbroadbandyang stabil dan andal untuk pemesanan, berkomunikasi, dan bertransaksi, Telkomsel telah mengimplementasikan solusienterpriseQCI mulai 21 Maret 2023.

Dikemas dalam kesatuan paket Telkomsel Prabayar khusus (kuota Data, Voice, SMS) dengan berbagai pilihan sesuai anggaran dan kebutuhan, solusi QCI membuka peluang terhadap akses data dengan prioritas premium, serta mengatasi kendala yang mitradriveralami terkait jaringan data di lokasi yang ramai.

 

 

"Telkomsel menyampaikan terima kasih atas penghargaan internasional Enterprise Solution Excellence dari Glotel Awards 2023, yang akan menjadi penambah semangat kami dalam menciptakan terobosan. Selaras dengan semangat inovasi Indonesia yang senantiasa menginspirasi semangat Telkomsel, kehadiran solusienterpriseQCI telah mendukung tersedianya konektivitas yang andal dan efisien bagi para mitradriverlayanan transportasi daring di seluruh Indonesia," ujar Vice President Enterprise Product Management Telkomsel Hanang Setiohargo.

"Melalui implementasi solusi QCI, Telkomsel berupaya mewujudkan komitmennya untuk mendorong akselerasi transformasi digital bagi industri, membuka lebih banyak peluang bagi mitradriversekaligus konsumen layanan transportasi daring, serta memperkuat dampak terhadap pertumbuhan ekonomi dan ekosistem digital Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan," tambahnya.

Pasca implementasi solusi QCI, mitradriverlayanan transportasi daring mengalami peningkatan Web Page Loading Time untuk Paket dengan QCI hingga 67,8% lebih cepat, dan Web Page Download Throughput hingga 609,1% lebih tinggi.

Seiring dengan peningkatan sesuai metrik jaringan tersebut, pengemudi dengan paket QCI menerima lebih banyak pesanan dan transaksi, sehingga jumlah pendapatan harian mereka pun bertambah.

Sebelumnya dalam kemitraan strategis dengan perusahaan layanan transportasi daring terbesar di Indonesia yang sama, Telkomsel juga telah menghadirkan nilai tambah untuk peningkatan layanan digital melalui implementasi solusi Call Masking.

Ini untuk menjaga privasi dan keamanan nomor telepon pribadi pengguna, serta Paket Telkomsel Swadaya yang merupakan paket data internet khusus untuk mitradriver  dengan bonus kuota data 3 GB hingga 50 GB, bebas telepon dan SMS ke sesama nomor Telkomsel, hingga bebas akses aplikasi layanan transportasi daring yang bersangkutan, dan bisa diakses melalui aplikasi tersebut ataupun MyTelkomsel dan UMB *168*455#.

 

Selain mendapatkan penghargaan Enterprise Solution Excellence, Telkomsel juga menjadi Finalis Glotel Awards 2023 yang dianggap telah berkontribusi terhadap pengembanganbusiness casekelas dunia untuk 5G dalam kategori 5G Innovation of the Year dengan implementasi demo solusi 5G Robotic Telesurgery bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan afiliasinya.

Melalui pemanfaatan teknologi 5G Hyper-Connected yang dapat menghadirkan latensi ultra rendah (delay<100 ms,jitter<10 ms) danbandwidthtinggi (>50 Mbps), Telkomsel telah membentuk konektivitas jaringan yang dapat diandalkan untuk memberikan pengalaman terdepan bagi para ahli bedah dalam uji coba yang dilangsungkan pada 20-24 Mei 2023 bersama Sina Robotic Medical dari Iran, Indofarma, RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung, dan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Dengan pengendalian sistem robotik jarak jauh secarareal-timedan presisi, inovasi 5G Robotic Telesurgery tersebut di masa depan akan dapat menjembatani disparitas antara daerah pedesaan dan perkotaan, mengatasi masalah distribusi ahli bedah yang kurang merata, dan menciptakan kesetaraan dalam perawatan medis.

Global Telecoms (Glotel) Awards 2023 sendiri merupakan salah satu penghargaan bergengsi di tingkat global yang mengapresiasi perusahaan telekomunikasi di berbagai negara atas pencapaian dan keberhasilan inovasinya dalam mendukung kemajuan dan transformasi industri telekomunikasi global.