Intip Cara Cek Jumlah Transaksi di Shopee dan Tokopedia

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id– Setelah kemarin sempat ramai cuitan netizen soal cek transaksi di Gojek dan juga Grab, kini giliran platform lain yaitu Shopee dan Tokopedia yang tidak luput dari perhatian netizen.

Sebelumnya heboh di Twitter cuitan netizen soal laporan transaksinya di aplikasi Gojek yang mencapai Rp166 juta selama satu tahun penuh. Bahkan ada Amanda Manopo juga sempat menghebohkan jagat maya karena menghabiskan lebih dari Rp250 juta untuk transaksi di Gojek.

Entah memang kepo, atau sekadar flexing, namun cek transaksi ini mendadak jadi tren baru di kalangan masyarakat. Beramai-ramai mereka membagikan tangkapan layar berisi laporan transaksinya dalam durasi waktu tertentu. Tak sedikit pula yang membagikan laporan transaksinya di platform lain macam Shopee dan Tokopedia.

Baca juga: Cara Cek Pengeluaran Gojek, Siap-siap Tercengang

Cara cek transaksi di Shopee

  1. Masuk ke aplikasi Shopee
  2. Klik 'My Profile' atau 'Profil saya'
  3. Pilih opsi 'Shopee Member' > klik
  4. Akan muncul tampilan kategori member pengguna (Classic, Silver, Gold, Platinum) beserta total pesanan di Shopee
  5. Klik ikon tanda ceklis ke bawah
  6. Jumlah transaksi pengguna akan terlihat.

Kalau mau melihat rincian transaksi secara runut, pengguna bisa melihatnya di bagian Riwayat Transaksi.

Baca juga: Pengguna Grab Juga Bisa Flexing Pengeluaran, Gini Caranya

Cara cek transaksi di Tokopedia

  1. Buka aplikasi Tokopedia
  2. Pada halaman utama, pilih menu Transaksi di bagian paling bawah sebelah kanan
  3. Pilih kolom Semua Tanggal
  4. Ada opsi 30 Hari Terakhir, 90 Hari Terakhir, dan pilih Tanggal Sendiri jika ingin mengatur tanggal yang diinginkan
  5. Selesai. 

Sisi positif dari hadirnya fitur pengecekan transaksi, khususnya besaran nominal yang kita keluarkan adalah pengguna bisa melakukan tracking pengeluaran harian mereka, mulai dari pesan makanan, belanja kebutuhan, biaya tagihan, layanan pesan antar, dan lain sebagainya.

Tren ini juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan apakah kita termasuk pribadi yang hemat atau justru boros dalam berbelanja online.