Jajal WMOTO Morbius 250, Mesin V-Twin Harga Cuma Rp60 Jutaan
Uzone.id-PT Mforce Indonesiasiap menghadirkan motor baru bermesinV-Twindengan tampilanmachonamun tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau.
Kami pun berkesempatan langsung untuk melihat unitnya di kantor pusatMforce Indonesiadi Cikarang, Jawa Barat.
Mforce Indonesia yang memasarkan sejumlah merek motor di Tanah Air, sepertiWMOTO, CF Moto, SM Sport dan SYM bersiap untuk meluncurkan motor terbarunya dari WMOTO, yakni Morbius 250.
Motor bergaya cruiser ini rencananya baru akan resmi diluncurkan saat Pekan Raya Jakarta 2024 mendatang dan akan dibanderol dengan harga Rp66 jutaan.
Desain gahar bergaya cruiser
Bicara desain, WMOTO terlihat gahar dan terselip nuansa futuristis, terutama di area depan dan belakangnya.
Setang baplang yang dikedua ujungnyan terdapat sepasang spion bulat, serta lampu utama dengan desain futuristis, diapit suspensi up-side down dan balutan ban dengan profil tebal serta rem cakram ABS.
MID digital-nya minimalis dengan layar bulat di tengah setang, namun menampilkan sejumlah informasi yang mudah dilihat, bahkan di tengah terik matahari sekalipun.
Juga jok yang cukup tebal dan empuk, juga lebar, membuat motor ini sangat nyaman ketika diduduki dan asik untuk perjalanan jauh layaknya motor-motor cruiser lain.
Ke area bawah, terlihat padat berisi berkat usungan mesin dengan konfigurasi V-Twin yang dilengkapi dengan cover radiator di bagian kolong depan.
Kemudian dua buah knalpot yang ditonjolkan menjulur ke belakang yang membuat tampangnya makin terlihat gahar.
Sesuai jenis motornya, footstep dibuat menjorok ke depan agar kaki bisa lebih leluasaselonjoransaat mengemudikan motor ini.
Kami suka dengan detail finishingnya yang rapih dan materialnya yang terlihat berkualitas. Bahkan, plastik-plastik yang terdapat di motor ini terlihat kokoh.
Mesin V-Twin yang halus, tapi kurang gahar
Bicara spesifikasi mesin, Morbius 250 dibekali dengan mesin berkonfigurasi V-Twin dengan kapasitas 250 cc, tepatnya 249 cc DOHC 8 katup.
Sudah dilengkapi radiator, mesin tersebut bersanding dengan transmisi manual 6 speed.
Mesin dengan sistem pengabutan bahan bakar EFI ini menghasilkan klaim tenaga maksimum sebesar 27,87 dk pada 9.000 rpm dengan torsi 20 Nm pada 8.000 rpm.
Sekilas ketika kami mencobanya di seputaran halaman kantor Mforce Indonesia, akselarasi motor ini cukup lumayan ringan dan punya potensi yang bagus saat di kecepatan tinggi.
Sayangnya, suara mesin V-Twin dari Morbius 250 dapat diredam dengan baik oleh knalpot standarnya, sehingga suara yang keluar jadi tidak segarang tampilan motornya.
First Impression handling
Posisi duduknya juga nyaman, dengan kombinasi setang lebar dan kaki menjulur ke depan.
Sayangnya, desain tangki yang dibuat sangat gendut tersebut memberikan keterbatasan dalam melakukan manuver, karena radius pergerakan setang ke kanan dan ke kiri jadi terbatas.
Bakal agak sulit untuk mengemudikannya di perkotaan yang padat dan sempit untuk meliuk-liuk tajam. Namun kalau di jalan sepi dan rute panjang, jelas posisi seperti ini sangat ideal.
Suspensinya juga tidak keras dan sanggup meladeni laju motor dengan stabil, meski[un ketika motor diajak bermanuver dalam kecepatan rendah.
Pengoperasian tuas kopling dan transmisinya juga halus dan lancar, serta feeling pengereman yang cukup baik.
Kesimpulan
Buat kalian penyuka motor besar paket hemat, Morbius 250 termasuk punya keunikan dengan konfigurasi mesin V-Twin yang memberikan sensasi tersendiri ketika dikemudikan.
Banderolnya juga lumayan terjangkau, apalagi kalau melihat 'kembarannya' Keeway Benda V252C yang dijual PT Benelli Motor Indonesia seharga Rp73,8 juta.
Dengan banderol Morbius 250 hanya Rp66 jutaan, sisa duitnya bisa untuk ganti knalpot dengan suara yang lebih gahar deh..