Jajaran Smart TV Terbaru Samsung di Indonesia, Mulai Rp2 Jutaan

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Rangkaian smart TV terbaru Samsung dipasarkan di Indonesia. Total ada empat seri yang diboyong Samsung, yakni Neo QLED 8K, Neo QLED 4K, Samsung OLED, dan Super Smart TV+. 

Samsung Neo QLED 8K merupakan smart TV dengan kasta paling premium yang menawarkan kualitas gambar yang menakjubkan. Sesuai namanya, smart TV ini membuat pengguna dapat menikmati gambar pada 33 juta piksel atau 8K yang menyuguhkan tekstur dan detail yang jauh lebih baik.

Samsung Neo QLED 8K menggunakan Quantum Matrix Technology Pro pada Quantum Mini LED. Dikombinasikan dengan teknologi Real Depth Enhancer Pro, seluruh detail objek dari yang tergelap hingga yang paling terang dapat disajikan. 

Apalagi, desainnya dibuatbezel-lessuntuk menambah imersi menonton. Simon Lee selaku President Samsung Electronics Indonesia mengatakan, “Butiran air pada embun di kaca, urat daun, hingga permukaan awan, akan terlihat dengan jelas.”

 

 

Yang menarik, Samsung Neo QLED 8K dilengkapi fitur Neural Quantum Processor 8K dan AI Upscaling. Jika pengguna memutar video lama dengan resolusi yang lebih rendah, kedua fitur ini dapat meningkatkan resolusinya menjadi setara 8K, tentu dengan tekstur lebih baik, kaya detail, dan bebas noise. 

Kualitas visual yang tinggi berpadu dengan kemampuan audio yang bikin penggunaeargasm. Samsung Neo QLED 8K punya speaker multi-direction berteknologi Dolby Atmos dan fitur Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) akan menghasilkan 3D surround sound yang dinamis, seolah bergerak di layar mengikuti gerakan dalam adegan demi adegan yang sedang ditayangkan. 

Audionya didukung fitur Q-Symphony 3.0 yang mengintegrasikan speaker TV dengan Samsung Soundbar sehingga keluaran suaranya semakin detail dan mendalam.

Gak cuma menyuguhkan konten berkualitas tinggi, keamanan dan kenyamanan mata pengguna pun turut diperhatikan. Samsung membekali Neo QLED 8K dengan Eye-Comfort Mode, membuat mata pengguna tak cepat merasa lelah karena kecerahan layar bisa menyesuaikan secara otomatis tergantung pencahayaan sekitar TV.

Fitur lainnya, ada Multi View yang membagi layar hingga 4splitscreen, menampilkan sampai 4 konten yang berbeda bersamaan. Kemudian, TV ini mampu secara otomatis mendeteksi smart device di sekitarnya dan menyambungkan TV dengan mudah.

Samsung Neo QLED 4K

Samsung menyediakan beberapa ukuran untuk tipe Neo QLED 4K, 43 inci dan 50 inci sampai 85 inci dan 98 inci. Sama halnya dengan model 8K, smart TV terbaru Samsung sudah dilengkapi fitur Neural Quantum Processor 4K yang dapat meningkatkan resolusi gambar hingga 4K.

Pun demikian dengan Quantum Matrix Technology, Quantum Mini LED, sampai Shape Adaptive Light Control, semuanya bertujuan untuk menghasilkan gambar lebih baik, detail tajam, dan kualitas yang lebih jernih.

Samsung juga memberikan pengalaman audio yang imersif untuk Neo QLED 4K. Speaker-nya didukung Dolby Atmos dan dilengkapi OTS+. Fitur-fitur seperti Eye Comfort Mode dan Multi View juga dihadirkan pada TV ini.

Tapi ada yang bikin Samsung Neo QLED 4K terasa lebih spesial, khususnya buat gamer. Smart TV Samsung ini dibekali fitur-fitur khusus gamer, seperti Motion Xcelerator Turbo Pro yang membuat game racing dengan kecepatan tinggi bisa dimainkan dengan grafis yang lancar tanpa efek patah-patah. 

 

 

Game adventure maupun RPG bisa dimainkan dalam settingan grafis tinggi tanpa lag, lantaran Samsung Neo QLED 4K didukung AMD FreeSync Premium Pro yang akan membuat frame rate TV dan GPU tersinkronisasi dengan baik.

Super Ultrawide Game View juga memberikan lebih banyak pilihan area game, dengan pilihan rasio 16:9, 21:9, dan 32:9. Berbekal 4 port HDMI 2.1, TV ini dapat dengan mudah disambungkan ke berbagai konsol game.

Fitur pendukung game lainnya, seperti Game Bar yang menampilkan shortcut menu gaming dalam satu panel lalu Minimap Sharing untuk pengalaman gaming secara multiscreen tanpa pengaturan yang rumit, dan Virtual Aim Point untuk membidik target dengan lebih baik dalam permainan First-Person Shooter (FPS).

Samsung OLED

Buat pengguna yang gemar streaming film, Samsung OLED diklaim jadi pilihan yang tepat. Dengan panel OLED yang tersusun dari 8 jutaself-in pixel, Samsung OLED pixel menghadirkan warna hitam yang pekat dan warna putih yang jernih, serta warna-warna lain yang lebih hidup. 

“Konten dapat disaksikan dalam kualitas gambar yang lebih akurat, pure, dan cerah. Samsung OLED sudah tervalidasi Pantone, yang berarti pengguna akan menyaksikan warna-warna yang mendekati realita dan autentik,” klaim Simon.

Samsung OLED juga hadir dengan teknologi Neural Quantum Processor 4K dan 4K AI Upscaling yang cerdas untuk mengubah konten berkualitas lebih rendah menjadi setara 4K. 

Nonton makin seru berkat speaker yang didukung True Dolby Atmos dan Object Tracking Sound+ yang dapat terintegrasi secaraseamlessdengan Samsung Soundbar melalui fitur Q- Symphony 3.0.

Samsung Super Smart TV+

Terakhir, Samsung Super Smart TV+, model smart TV yang dibanderol dengan harga lebih murah. TV ini merupakan bagian dari program Samsung untuk menghadirkan perangkat yang dapat menyajikan siaran TV digital dalam kualitas yang lebih baik.

Samsung Super Smart TV+ sudah didukung konektivitas WiFibuilt-in, sehingga pengguna gak cuma bisa menonton siaran TV digital saja, tapi juga streaming berbagai konten melalui aplikasivideo on demandpopuler yang ada di Indonesia.

Ada beberapa pilihan resolusi layar yang tersedia untuk Samsung Super Smart TV+, yakni HD, Full HD, hingga Ultra HD (4K). TV ini juga dilengkapi One Remote, terhubung langsung dengan Bixby untuk mengoperasikan TV.

 

 

Super Smart TV+ juga dapat digunakan sebagai pengganti PC, mendukung mereka yang perlu bisa bekerja dari mana saja, termasuk dari rumah. Pengguna bisa menghubungkan keyboard dan mouse ke TV, menjadikannya bak PC untuk mengerjakan berbagai dokumen kerja dari cloud di layar yang lebih luas. 

Bicara hiburan,pengguna bisa menghubungkan Super Smart TV+ dengan berbagai perangkat Bluetooth untuk mendengarkan musik kapan saja. Atau bagi pecinta game, nikmati mobile gaming yang seru melalui Smart View atau Tap View, sehingga ngegame dismartphonebisa ditampilkan di layar TV yang lebih luas.

Harga dan ketersediaan

Jajaran Samsung Smart TV 2023 telah tersedia di toko online Samsung.com/id dan gerai retail Indonesia. Berikut detail harga resminya:

  • Samsung Neo QLED 8K tersedia dalam model QN900C (85 inci), QN800C (75 inci), QN700C (65 inci dan 55 inci) yang dibanderol dengan harga mulai Rp27.999.000 sampai Rp129.999.000.
  • Samsung Neo QLED 4K tersedia dalam model QN90A (98 inci), QN90C (85, 75, 50, dan 43 inci), dan QN85C (65 dan 55 inci) pada harga Rp13.499.000 hingga Rp99.999.000. 
  • Samsung OLED tersedia dalam model S90C (77, 65, dan 55 inci) dan S95C (65 inci) yang dijual dengan harga Rp24.999.000 hingga Rp69.999.000. 
  • Samsung Super Smart TV+ hadir dalam Crystal UHD CU8000 43 dan 50 inci, T4503 32 inci, dan T6500 43 inci yang dibanderol dengan harga Rp 2.599.000 hingga Rp 7.499.000.