icon-category Gadget

Perbedaan STB dan Android TV Box, Jangan Salah Pilih!

Sumber foto: iHeart

Uzone.id - Set Top Box atau STB merupakan perangkat penting untuk menangkap siaran TV digital. Perangkat ini sangat dibutuhkan buat pengguna TV analog untuk menonton saluran TV digital favorit mereka.

Nah, buat kalian yang ingin membeli STB, harus tau kalau STB untuk menangkap siaran TV digital dan STB berbasis Android itu berbeda. Jadi, kalian mesti paham apa perbedaan antara STB TV digital dengan set top box TV Android.

Untuk diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) per Rabu (2/11) yang lalu, resmi mematikan siaran TV analog di 9 kabupaten atau kota Jabodetabek, serta 173 kabupaten kota non-terrestrial service

Fungsi utama

Kedua perangkat ini punya fungsi utama yang berbeda, tapi dengan satu tujuan yang sama, yaitu memungkinkan pengguna menikmati konten visual yang lebih berkualitas.

STB TV digital memungkinkan TV analog untuk menangkap siaran digital. Untuk menjangkau saluran ini, STB harus mendukung teknologi DVB-T2 dan pastikan terhubung juga dengan sambungan antena. 

Sementara Android TV box dapat membuat TV analog atau jadul menjadi smart TV. Sesuai namanya, STB jenis ini sudah menjalankan sistem operasi Android TV, dan memungkinkan penggunanya untuk nonton layanan streaming berbasis internet, seperti YouTube, netflix, Disney+ Hotstar, dan sebagainya.

Baca juga: Pilihan Smart TV Murah dari Rp1 Jutaan untuk Siaran TV Digital, Tanpa STB!

Secara tampilan, tentu saja berbeda. Android TV box mengusung tampilan layaknya smartphone Android, tapi dengan ukuran layar yang lebih besar. 

Bukan cuma streaming film atau video saja, dengerin musik, install aplikasi, sampai bermain game. Cuma, fitur-fitur ini tergantung juga dengan Android TV box yang kalian beli, semakin mahal dan ‘metereng’ mereknya, maka semakin lengkap juga fiturnya.

Jenis tayangan

STB TV digital menayangkan saluran atau siaran terestrial yang free to air alias tidak berbayar. Saat disambungkan ke TV analog dan antena, STB akan memindai siaran digital yang bisa dijangkau.

Beda dengan TV analog, kalau sinyalnya tidak terjangkau, maka siaran tersebut tidak akan ditayangkan sama sekali alias blank. Sementara TV analog, biasanya siaran televisi masih ditampilkan, tapi kualitas gambar akan sangat terpengaruh dari kedekatan lokasi TV dengan infrastruktur terdekat. 

Bagaimana dengan Android TV box? Perangkat jenis ini tidak butuh antena, tapi wajib terhubung ke koneksi internet via WiFi atau kabel LAN. Seperti smartphone Android, kalian juga perlu melakukan login menggunakan akun Google untuk install aplikasi atau menikmati fitur-fitur lainnya dengan sempurna.

Baca juga: Hitung Mundur ASO, Ini Syarat dan Cara Dapatkan STB Gratis

Android TV box juga bisa dipakai buat nonton TV digital dengan kualitas visual yang tinggi. Tapi lagi-lagi, perlu koneksi internet alih-alih menggunakan antena pada umumnya. 

Siaran TV ini biasanya disediakan melalui aplikasi pihak ketiga, atau dapat diakses melalui browser bawaan yang sudah tersedia. Layaknya ponsel Android juga, menikmati berbagai macam hiburan secara streaming, mengharuskan pengguna untuk membayar biaya langganan.

Harga

STB TV digital dengan Android TV box juga punya perbedaan dari sisi harga. Berdasarkan pantauan Uzone.id melalui toko online Tokopedia, beberapa model STB TV digital dijual dengan harga Rp200 ribuan.

Polytron PDV 600T2 misalnya, dijual Rp299 ribu. Kemudian Ichiko 8000HD dibanderol Rp270 ribuan, sementara dipasarkan di harga Rp250 ribuan.

Android TV box dengan kualitas yang bagus rata-rata dibanderol dengan harga lebih mahal. Harganya memang bervariasi, mulai dari Rp300 ribuan bahkan sampai Rp2 jutaan pun ada, tergantung dengan spesifikasi, fitur, serta jenis sistem Android TV yang digunakan.

Seperti Mijia Box S, dijual dengan harga mulai Rp999 ribu. Perangkat ini sudah berjalan di sistem operasi Android TV 8.1, ditenagai prosesor quad-core, mendukung Google Cast, bisa memutar video atau membuka file via port USB, hingga visual yang lebih bagus berkat port HDMI 2.0.

Baca juga: Cara Scan Siaran Digital di Smart TV dan TV Analog dengan STB

Ada juga Tanix TX6S yang harganya Rp499 ribu. Android TV box tersebut dibekali dengan dukungan Miracast untuk menampilkan konten di smartphone atau tablet Android secara wireless ke layar TV.

Pengguna bisa nonton TV digital menggunakan koneksi internet juga berkat aplikasi bawaan yang sudah disematkan pada Tanix TX6S. 

Jadi sudah fix paham ya, apa bedanya STB TV digital dengan Android TV box? Jangan sampai salah beli, Uzoners!

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini