Jualan Turun, Polytron Harap Subsidi Motor Listrik Berlanjut

pada 3 hari lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Polytron menyebutkan habisnya kuota subsidi motor listrik membuat minat masyarakat akan kendaraan tanpa emisi menurun. Bahkan saat ini Polytron sudah mulai merasakan penurunan penjualan produk motor listriknya.

Hal ini disampaikan oleh Ilman Fachrian selaku Head of Product EVPolytron. Ilman menyebutkan masih terdapat peminatmotor listrikPolytron, namun angkanya mengalami penurunan dibandingkan pada saat masih terdapat kuotasubsidi.

"Penjualan masih ada, tetapi ya enggak sebanyak waktu kuota subsidi masih ada ya," ujar Ilman di Jakarta, Rabu (18/9).

Seperti diketahui, kuota subsidi motor listrik tahun ini sudah habis pada 3 September 2024 kemarin. Berdasarkan situs Sisapira, penyaluran motor listrik subsidi di tahun ini sudah mencapai 60.857 unit, seperti yang dianggarkan Kementerian Perindustrian.

Ilman melanjutkan performa industri motor listrik pun bisa berdampak dengan habisnya kuota subsidi dari pemerintah. Menurutnya masyarakat akan menunggu untuk melakukan pembelian motor listrik, karena dikhawatirkan subsidi akan berlanjut.

"Setelah subsidi kemarin kuotanya habis, ya pasti juga masyarakat galau nih, ada lagi atau tidak subsidi ini. Ini juga terkait rasa ketidakpastian baik konsumen maupun produsen, jadi kita jalani dulu sampai ada kepastian dari pemerintah," ungkapnya.

 

 

Tekno Wibowo selaku Direktur Komersial Polytron berharap subsidi motor listrik bisa dilanjutkan di era kepemimpinan Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Menurutnya peningkatan motor listrik bisa mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak yang juga berpengaruh terhadap alokasi subsidi pemerintah.

Ditambah lagi, menurut Tekno sangat disayangkan jika program subsidi motor listrik diberhentikan saat permintaan pasar sedang tinggi.

"Kalau kita masih mengharapkan support dari pemerintah karena ini kan sebetulnya yang dapat manfaat pemerintah juga. Karena kalau semakin banyak yang beralih ke motor listrik, maka subsidi untuk BBM akan berkurang," ujar Tekno dalam kesempatan yang sama.

 

 

Seperti telah diberitakan, Polytron baru-baru ini mengeluarkan motor listrik baru dengan bodi yang lebih besar yakni Fox 500. Motor listrik ini ditawarkan dalam harga Rp43 juta tanpa mendapatkan subsidi apapun dari pemerintah.

Padahal dari segi Tingkat Komponen Dalam Negeri, Polytron Fox 500 diyakini memiliki presentase yang sudah dapat menerima subsidi.