Kamera iPhone 16 Jadi Mirip iPhone 12, Semuanya Demi Vision Pro

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id- Santer dirumorkan kalau Apple akan mengadopsi desain iPhone keluaran empat tahun lalu untukiPhone 16. Sudah ramai dibicarakan, konon bentuk kamera iPhone 16 yang akan datang bakal mirip seperti iPhone 11 dan iPhone 12.

Apple kemungkinan menerapkan kembali susunan kamera belakang vertikal pada iPhone generasi terbaru. Ubahan desain ini gak sekadar biar iPhone 16 terlihat berbeda dengan seri sebelumnya, tapi lebih dari itu.

Susunan kamera vertikal memungkinkan Apple untuk menghadirkan perekaman Spatial Video pada iPhone 16 versi reguler. Untuk diketahui, fitur ini sebelumnya eksklusif tersedia padaiPhone 15 Prodan 15 Pro Max.

Melalui fitur ini, pengguna dapat merekam video berformat 3D yang dapat ditampilkan pada perangkatmixed realityApple Vision Pro. Konten video ini juga tetap bisa ditonton dalam format 2D pada perangkat Apple lainnya, layaknya video biasa.

 

 

Nah, rencananya fitur Spatial Video ini akan tersedia pada seluruh model iPhone 16. Hal ini juga telah dikonfirmasi olehleaksterpopuler di X (dulunya Twitter), Majin Bu.

“Tampaknya ini adalah modul kamera baru pada iPhone 16, seperti yang kalian lihat, posisi vertikal dikonfirmasi,” tulisnya di X, sambil mengunggah gambar modul kamera dari suksesor iPhone 15 itu.

Gambar tersebut telah dikonfirmasi kebenarannya olehMacrumorsmelalui salah seorang sumber dari industri. Sumber tersebut menyebut, gambar itu adalah bagian dari sasis proyek kamera Apple dengan kode ‘I-34’ yang merujuk pada iPhone 16.

Lantas, seberapa pengaruh posisi kamera pada perekaman Spatial Video ini? 

Seperti dikutip dari9to5Mac, mengapa iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max dapat merekam Spatial Video, sementara iPhone 15 dan 15 Plus tidak, karena tata letak kamera utama danultrawideyang ditumpuk secara vertikal, beda dari iPhone 15 dan 15 Plus yang disusun secara diagonal.

 

 

Dengan menyusun kamera danultrawidesecara vertikal, memungkinkan kedua kamera dapat memotret foto maupun video spasial yang lebih imersif dan dapat ditampilkan pada perangkat AR/VR seperti Apple Vision Pro.

Selain tata letak kamera yang berubah, iPhone 16 juga diharapkan mengusung Action Button dan tombol Capture tambahan yang dilengkapiforce-sensorpada sisi kanan bodinya.

iPhone 16 diperkirakan akan meluncur pada September 2024 mendatang, bersamaan dengan iPhone 16 Plus, 16 Pro, dan 16 Pro Max.