Komponen Bekas MotoGP Suzuki Dijual, Swingarm Seharga Rp300 Juta!

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id- Suzuki sudah hengkang dari ajang balap MotoGP di awal tahun 2023 ini, merek asal Jepang tersebut memutuskan tak lagi berkompetisi pada pertengahan 2022 silam. Menariknya, baru-baru ini terdapat sebuah akun yang menjual komponen motor balap Suzuki di MotoGP.

Suzuki sendiri mengandalkan motor GSX-RR di ajang balap MotoGP. Sejak mundur dari balapan MotoGP, Suzuki merencanakan untuk menghancurkan GSX-RR mereka dan beberapa di antaranya diletakkan di museum.

Hal ini disampaikan langsung oleh Livio Suppo selaku Bos Suzuki Ecstar kala itu.

"Beberapa dari motor ini akan berakhir di museum, yang lain akan dihancurkan bersama dengan suku cadangnya. Semua pabrikan Jepang melakukannya karena alasan pajak. Karena jika tidak, mereka akan aktif dan harus membayar pajak. Karena tidak dapat digunakan lagi, kami memilih untuk selalu menghancurkan segalanya,” ujar Suppo dikutip dariVisordown.

Namun baru-baru ini, terdapat beberapa komponen Suzuki GSX-RR dari MotoGp yang dijual secara daring.

Hal ini dikethaui lewat akun X @everytingmrace yang menjual swing arm dari Suzuki GSX-RR MotoGP. Dalam unggahan tersebut, diketahui lokasi penjual berada di Thailand.

Dalam unggahan tersebut, diketahui terdapat empat swing arm dari Suzuki GSX-RR MotoGP yang dijual seharga USD 2.000 atau setara Rp310 jutaan. Bahkan penjual menyebutkan dapat mengirim barang tersebut ke seluruh dunia.

"Sepertinya ada yang membobol dan menjual suku cadang Suzuki MotoGP di Facebook. Rupanya mereka punya 4 sepeda," tulis akun tersebut.

Hingga saat ini masih belum diketahui mengenai kebenaran hal tersebut. Kabarnya berdasarkan unggahan Everyting Motor Racing, komponen Suzuki GSX-RR MotoGP ini didapatkan dari orang dalam pabrikan berlambang S tersebut.

Sebagai tambahan informasi, untuk mendapatkan motor bekas MotoGP sebenarnya sangatlah sulit. Terdapat serangkaian perizinan yang harus dilakukan dan harga jual yang sangat fantastis.

Bahkan pebalap Suzuki pada saat hengkang dari MotoGP yakni Alex Rins, pernah meminta motor GSX-RR untuk kenangan di rumahnya. Namun permintaan tersebut ditolak oleh Suzuki karena sudah dibayar.

"Saya sudah minta, tapi mereka sudah bilang kalau ini sudah dibayar. Jika saya punya kesmepatan, ya (saya akan membelinya)," ujar Rins.