Laptop Pun Bakal Pakai Charger Type-C Terbaru

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

 Ilustrasi (Foto: Ist)

Uzone.id- Cypress mengklaim telah siap memasarkan dua jenis kontroler Type-C baru untuk mendukung penggunaan perangkat yang mengandalkan USB4. Langkah ini menargetkan penggunaan USB4 Type-C untuk laptop dan desktop.

Laptop dengan teknologi Thunderbolt memang membuat perangkat tersebut bisa dijual dengan harga terjangkau. Namun dengan adanya USB-4 controllers, yang merupakan pertama di kelasnya, dipercaya akan menekan harga laptop/desktop lebih murah lagi.

USB4 dikabarkan mendukung performa data transfer dengan kecepatan hingga 40Gbps melalui kabel yang kompatibel. Namun pengriman dayanya bisa sampai 100W.

Baca juga: Twitter Akhirnya Bakal Punya Stories

Kabarnya, kemampuan transfer data ini bisa dilakukan berkat adanya teknologi Thunderbolt buatan Intel.

Teknologi berbasis protokol Thunderbolt buatan Intel ini dipastikan akan segera diimplementasikan ke beberapa perangkat, termasuk smartphone, perangkat berbasis IoT, servers dan smart appliances, termasuk televisi, laptop dan desktop.

Baca juga: Alibaba Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Identifikasi Virus Corona

Thunderbolt 3 diklaim sebagai salah satu pengembangan data transfer yang paling menarik sepanjang satu dekade terakhir. Teknologi ini menjadi katalisator untuk berbagai docking station Thunderbolt 3, yang semakin mendekatkan industri pada konsep konektivitas yang lebih universal.

Diprediksi, perangkat dengan teknologi USB4 ini baru akan diimplementasikan pada akhir tahun ini atau awal 2020.

Nantinya semua bentuk port yang ada di perangkat akan digantikan dengan generasi USB4 yang baru ini.