Lebaran, Banyak Pelanggan 3 Silaturahmi Pakai Zoom

pada 5 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -Lalu lintas data 3 Indonesia meningkat hingga 57 persen jika dibandingkan dengan hari pertama perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

Peningkatan ini didominasi oleh penggunaan layanan aplikasi pesan dan telekonferensi seperti Whatsapp, Zoom, dan Google Duo. Sebagai contoh, penggunaan Zoom meningkat hingga 87 persen pada hari pertama Idul Fitri jika dibandingkan dengan satu hari sebelumnya.

Selain itu, lalu lintas data untuk penggunaan sosial media Instagram dan TikTok juga melonjak pada hari pertama Idul Fitri.

Jika dibandingkan dengan hari normal sebelum pembatasan sosial diberlakukan, kenaikan trafik data pada hari Idul Fitri terjadi sebesar 19 persen, dan jika dibandingkan dengan hari normal sejak diberlakukannya pembatasan sosial, kenaikan trafik pada hari Idul Fitri terjadi sebesar 8 persen.

Baca juga: Trafik Telkomsel Saat Lebaran

Untuk layanan SMS dan Voice mengalami penurunan sekitar 20 persen (SMS) dan 40 persen (voice) jika dibandingkan Idul Fitri tahun lalu. Hal ini dikarenakan pelanggan sudah banyak beralih menggunakan layanan aplikasi video/telekonferensi.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, adanya pandemi ini menjadikan silaturahmi lebih terbatas, banyak yang harus merayakan Idul Fitri tahun ini tanpa dapat bertemu dengan keluarga dan sanak saudara tercinta. Komunikasi pun terjalin secara virtual dengan mengandalkan aplikasi pesan serta layanan panggilan video/telekonferensi,” ujar M. Buldansyah, wakil presiden direktur 3 Indonesia.

Baca juga: Pelanggan XL Axiata Sibuk Video Call Saat Lebaran


“Optimisasi dan peningkatan kualitas jaringan 4.5G Pro yang telah kami lakukan juga telah berhasil mengantisipasi kenaikan lalu lintas data dengan baik dan menjaga koneksi pelanggan 3 selama Hari Raya Idul Fitri.”Ujar M. Buldansyah, wakil presiden direktur 3 Indonesia.

Selain itu, untuk semakin memastikan penyediaan jaringan yang andal, 3 juga telah membangun  2.500 BTS baru, serta menambah kapasitas jaringan di 4.000 BTS di area pemukiman penduduk. 18 unit armada Cell on wheels (COW) juga dikerahkan di sejumlah titik strategis. Optimisasi juga dilakukan di area rumah sakit rujukan COVID-19.

“Kami berharap semoga pandemi ini bisa segera kita lalui, sementara itu mari bersama kita patuhi peraturan pemerintah dengan menjalankan prosedur pembatasan sosial dan menjaga kesehatan serta kebersihan sekitar, semoga kita bisa segera bertemu kembali dengan keluarga dan teman tercinta. Jaringan 4,5G Pro 3 akan selalu hadir mendampingi seluruh pelanggan agar #DirumahOnTerusss,” tutup Danny.