Lebih Dekat dengan Game Developer Lokal: Grinsmile Studio

pada 2 tahun lalu - by

Uzone.id— Pengembang game ataugame developerpopuler mayoritas berasal dari luar negeri, mulai dari Epic Games, Gameloft, hingga Garena. Sementara itu, rasanya masih sepi di telinga nama-namadeveloperasal lokal.

Pada dasarnya ada celah tersendiri dari ‘gempuran’ pemain global ini yang dapat menciptakan semangat baru bagi para kreator tanah air untuk menjadi pemain lokal di industri game.

Dari program inkubasi seperti Indigo Game Startup Incubation (IGSI), secara perlahan melahirkan pemain lokal yang siap bersaing, salah satunya Grinsmile Studio.

Game developerasal Surabaya, Jawa Timur ini adalah salah satu dari alumni IGSI batch pertama yang masuk ke dalam Top 30 Indie Games Baparekraf (Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) Game Prime 2020 Online.

Baca juga: Memburu Startup yang SiapScale Updi Indigo Challenge 2022

Grinsmile didirikan oleh Ibnu Raziq dan Dimas Andira, sedangkan pucuk pimpinannya dipegang oleh Narendra Yogha Prathama yang juga merangkap sebagaigame designer.

Sejak dibentuk sejak 2018, Grinsmile Studio dikenal sebagai pengembang game berjudul ‘Don’t Step On Me!’ yang dapat dimainkan di perangkatpersonal computer(PC) dan sudah tersedia di platform Google Play Store meski baruearly access.

Game ‘Don’t Step On Me!’ sifatnyamultiplayeryang dapat dimainkan oleh empat pemain secara daring untuk menjalankan misi sederhana penuh dengan keseruan yang kompetitif. Grinsmile menyajikan enam karakter berbeda dengan variasi kostum yang dapat disesuaikan.

Selain sebagai jebolan IGSI, Grinsmile belum lama ini mencetak pencapaian baru.

Baca juga: Mengenal Indigo Game, Program Inkubasi untuk Startup Game Lokal

Pada 15 Agustus 2022, ajang Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) mengumumkan 15 studio game yang lolos menjadiIntermediate Participant.Salah satunya adalah Grinsmile.

IGDX sendiri merupakan ajang yang diselenggarakan dari hasil kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI). Tujuan acara ini adalah untuk mendukung pertumbuhan kualitas teknis dan pengembangan bisnis darigame developerlokal agar dapat bersaing dengan pasar global.

Setelah dinyatakan lolos sebagaiIntermediate Participant, Grinsmile Studio akan menjalani program Mentor & Mentee Matchmaking sebelum memulai rangkaian kegiatan mentoring yang digelar selama tiga bulan hingga November 2022 mendatang.