Lensa Lipat Zoom 10x Buatan Samsung Bakal Ada di Smartphone Flagship Lain

pada 3 tahun lalu - by

 

Uzone.id- Tak hanya prosesor dan layar OLED buatan Samsung yang akan ada di smartphone mereka lain, tapi juga lensa lipat berkemampuan zoom 10x. Modul kamera zoom buatan Samsung ini diklaim telah dipesan oleh brand ponsel pintar lainnya.

Dilansir melalui MySmartPrice, Selasa, 9 Maret 2021, Samsung dikabarkan telah meningkatkan jumlah produksi modul kamera berkemampuan optical zoom 10x. Bahkan tak hanya untuk mensuplai produsen smartphone tapi juga otomotif.

Modul kamera ini sejatinya telah ada di smartphone flagship Samsung sebelumnya, khususnya di Galaxy S21 Ultra. Ini adalah salah satu dari dua modul optical zoom di empat kamera yang ada.

Baca juga:Miliki Ponsel Impian dengan Samsung Financing

Kamera lipat zoom optik 10x menggunakan mekanisme periskop, membiaskan cahaya dua kali di dalam lubang lensanya untuk menambah focal length dan mencapai zoom optik ekstensif tanpa menambah ukuran modul kamera dan lensa secara besar-besaran. Samsung mengklaim bahwa untuk unit kamera lipat 10x zoom optik, harus juga dibekali dengan desain lensa baru.

Seperti yang dinyatakan Samsung, desain lensa zoom lipat periskopik sebelumnya diterapkan pada unit yang menawarkan pembesaran optik 5x. Unit kamera lipat 10x zoom optik Samsung mengambil langkah lebih jauh dengan melipat modul lensa dua kali. Oleh karena itu mengompresi panjang keseluruhan unit lensa tersebut. Untuk melakukan ini, Samsung meminimalkan hilangnya cahaya selama pembiasan, dan menggunakan apa yang disebut 'high sensitivity sensor ball guide actuator’.

Dengan kamera lipat zoom optik 10x, focal length keseluruhan ditingkatkan 2x oleh Samsung, sedangkan panjang modul kamera hanya bertambah 25 persen dari sebelumnya.

Sekarang, dengan semua teknologi ini, Samsung siap menjual unit kamera zoom mewahnya kepada calon klien di industri smartphone dan otomotif. Sektor otomotif juga sangat membutuhkan unit kamera seperti ini seiring dengan penggunaan sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) yang sedang menjadi tren. Hasilnya, kamera lipat 10x zoom optik Samsung dapat berfungsi sebagai kunci untuk mobil yang dilengkapi ADAS, menggunakan focal-length untuk mengukur masalah keamanan di jalan.