Makin Luas, QRIS Bisa Dipakai Transaksi di Jepang Mulai 2025?

pada 1 bulan lalu - by

Uzone.id– Hingga saat ini, ada 5 negara Asia Tenggara yang bisa melakukan pembayaranQR lintas negara,QRIScontohnya, sistem pembayaran ini bisa digunakan di 5 negara tersebut tanpa repot melakukan penukaran uang.

Tidak hanya 5 negara ini saja, negara lain di luar Asia Tenggara pun tertarik untuk menyatukan sistem pembayaran QR mereka, salah satunya adalah Jepang dengan kode QR bernama JPQR.

Jika rencana ini terwujud, makaQRISpun bakal bisa digunakan untuk bertransaksi di Jepang dalam waktu dekat.

Berdasarkan laporan dariNikkei Asia,Senin, (18/03), pemerintah Jepang telah memulai pembicaraan dengan negara-negara Asia Tenggara dalam hal penggunaan bersama layanan pembayaran kode QR.

 

 

Rencana ini akan memungkinkan traveler Asia Tenggara bisa melakukan pembelian di Jepang menggunakan metode pembayaran QR mereka sendiri.

Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang juga sudah melakukan diskusi dengan pemerintah dan bank sentral negara-negara Asia Tenggara seperti Indonesia dan Kamboja.

Inisiatif ini akan membuat sistem kode QR kompatibel satu sama lain, termasuk QRIS yang bisa digunakan di Jepang. Kabarnya, rencana ini akan mulai diterapkan pada pertengahan 2025, tepatnya pada April 2025 nanti. 

Jepang akan menggunakan sistem pembayaran kode QR standar negara mereka yaitu JPQR, dan akan membangun sistem baru secepatnya tahun ini, dengan tujuan menghubungkannya dengan penyedia layanan di luar negeri termasuk QRIS.

Dengan begitu, konsumen khususnya para traveler bisa melakukan pembelian di toko dengan memindai kode QR tersebut menggunakan sistem kode QR negara mereka masing-masing.

 

 

Langkah Jepang untuk menyatukan sistem pembayaran kode QR lainnya bertujuan untuk memperkuat hubungannya dengan negara-negara Asia Tenggara. Negara ini berharap dapat meningkatkan pengaruh ekonomi mereka di Asia Tenggara.

Sementara itu, hingga saat ini, QRIS sudah bisa digunakan di Singapura, Malaysia, Thailand dan berencana untuk memperluas jangkauan mereka ke negara lain seperti Uni Emirat Arab, Jepang dan Korea Selatan.

Dalam sebuah wawancara pada Februari 2024 lalu, Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta mengatakan bahwa pihaknya saat ini sudah dalam tahap pembicaraan untuk menerapkan QRIS cross-boarder ini di Jepang, begitupun dengan Korea Selatan yang mana BI sudah melakukan penandatanganan kesepahaman terkait perluasan penggunaan QRIS.