Melirik Laptop Gaming Asus Paling Tipis, ROG Zephyrus G14 (2024)

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id -Laptop gamingselain mengusung spesifikasi ‘rata kanan’, biasanya dirancang dengan desain yang lumayanbulky. Beda jauh kalau dibandingkan laptop mainstream yang lumrahnya didesain ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Asus mungkin ingin mengurangi kesan negatif ini. Perusahaan teknologi asal Taiwan itu sudah berkali-kali meluncurkan laptop gaming powerful denganform factoryang ringkas, satu yang terbaru adalah Asus ROG Zephyrus G14.

Seri ini menjadi salah satu dariROG Seriesyang akan diluncurkan Asus dalam waktu dekat, tepatnya 14 Maret mendatang di Indonesia. Selain Zephyrus G14, Asus juga akan membawa varian dengan layar yang lebih luas - tapi juga ringkas, Zephyrus G16.

TimUzone.idberkesempatan untuk menjajal langsung Asus ROG Zephyrus yang akan meluncur resmi di Indonesia. Berikut impresi singkat kami mengenai laptop gaming pertama dengan layar OLED VRR tersebut.

Emang boleh laptop gaming setipis ini?

Desain baru diterapkanAsuspada ROG Zephyrus G14. Dibanding seri sebelumnya, laptop ini tampil kian modern dengan kualitas bodi lebih bagus. Country Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo mengatakan, Zephyrus G14 (dan G16) memiliki sasisCNC-machinedyang lebih ringan dan kokoh. 

“Beda dari sebelumnya, ini menggunakan blok aluminium yang diukir, sehingga lebihdurablejuga,” katanya, dalammedia gatheringAsus ROG 2024, di Jakarta, Rabu (21/2).

Penggunaan sasis tersebut berhasil bikin ROG Zephyrus G14 terbaru tampil lebih tipis. Bayangin, laptop gaming dengan ketebalan 1,59 cm dan berbobot 1,5 kg saja, di saat laptop gaming kebanyakan rata-rata beratnya di atas 2 kg.

“Coba cari laptop gaming dengan bobot di bawah 2 kg, susah banget,” klaim pria yang kerap disapa Danu itu.

Berkat sasisCNC-machinepula, ROG Zephyrus G14 yang kami coba memiliki ruang ekstra pada keyboard. Jarak antar tombol padakeyboardsangat pas, tujuannya untuk meminimalisir typo saat kerja atau mencegah jarislipketika bermain game kompetitif.

Selain itu, sistem audionya juga jadi lebihngangkat. Didukung oleh Dolby Atmos, speaker Asus ROG Zephyrus G14 diklaim menghasilkan suara 40 persen lebih lantang, bahkan punya kualitas yang jauh lebih baik.

“TImengineerkitapedemengklaim laptop ini jadi salah satu laptop Windows dengan kualitas audio terbaik saat ini,” terang Danu.

Gak ada lagi AniMe Matrix, saatnya Slash Lighting

ROG Zephyrus terbaru sekarang menanggalkan AniMe Matrix. Sekarang tampilannya justru lebih minimalis dengan Slash Lighting di bagian belakang. 

Ini berupa lampu LED indikator yang berada di balik layar laptop gaming ini. Tampilannya bisa dikustomisasi, tapi tak lagi dapat menampilkan animasi atau gambar-gambar seperti AniMe Matrix.

Slash Lighting dapat dikustomasi untuk menampilkan pola tertentu lewat aplikasi Armoury Crate yang sudah terpasang di ROG Zephyrus G14.

Layar OLED dengan VRR

Asus Zephyrus G14 dengan G16 adalah laptop ROG pertama dengan panel layar OLED. Bukan sembarang OLED lho, karena layar ini sudah dibekali fiturvariable refresh rateatau VRR lewat Nvidia G-Sync.

“Di Zenbook dan Vivobook belum mendukung VRR karena bukan laptop gaming. Nah ROG Zephyrus G14 dan G16 baru pakai OLED sertasupportVRR dengan Nvidia G-Sync, pertama di dunia,” jelas Danu.

Ia menjamin, kualitas layar Asus Zephyrus G14 tidak akan berkurang sama sekali, justru lebih baik. Menurutnya, kualitas layar laptop gaming ini sudah berada pada standar Asus ROG Nebula Display.

“Ini adalahbreakthroughROG dalam segi layar yang bisa mengakomodasi paracontent creationsekaligus gaming,” ucapnya.

Adapun untuk layarnya, panel OLED pada ROG Zephyrus G14 berukuran 14 inci dengan resolusi 3K, serta sudah mendukungrefresh rate120Hz. 

Layarnya mampu menghasilkan warna dengan color gamut 100% DCI-P3, serta dapat mereproduksi warna secara akurat dengan Delta E kurang dari 1, sehingga sangat cocok untuk para konten kreator maupun para gamer berkatresponse timeyang hanya 0,2 ms saja.

Ditenagai AMD Ryzen 8000 dan Intel Core Ultra Series

Kecil-kecil, tenaganya badak juga. Asus ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming pertama di Indonesia yang ditenagai prosesor generasi terbaru, yaitu AMD Ryzen 8000 Series dan Intel Core Ultra Series

Kedua prosesor tersebut sudah dibekali dengan NPU yang dirancang khusus untuk mengakselerasi sekaligus memastikan pemrosesan AI berjalan secara lebih optimal. Berbagai aplikasi dan fitur berbasis AI akan dapat dijalankan secara lebih cepat, optimal, dan hemat daya menggunakan kedua prosesor tersebut.

Dijelaskan Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman, Asus ROG Zephyrus G14 maupun G16 menyuguhkan kinerja AI yang sangat powerful untuk berbagai keperluan, termasuk untuk urusan konten maupun gaming.

“Saat ini ada banyak sekali software atau perangkat yang sudah menggunakan teknologi AI dan kita sudah menyiapkan device yang memadai untuk melakukan itu. ROG Zephyrus G14 sudah menggunakan teknologi baru dariAMDdan RTX Series, sudah sangat powerful untuk AI,” kata Firman.

Soal grafis, ROG Zephyrus G14 ditopang oleh Nvidia GeForce RTX 40 Series yang sudah mendukung berbagai teknologi grafis modern, mulai darireal-timeray tracing, sistem DLSS Frame Generation, hingga DLSS Super Resolution. 

Nvidia GeForce RTX 40 Series juga merupakan chip grafis yang optimal untuk mendukung eksperimen AI. Tensor Core di chip grafis ini memungkinkan akselerasi AI berperforma tinggi, cocok untuk gamers sekaligus konten kreator yang sering menggunakan aplikasi berbasis AI.

Belum ada informasi berapa harga Asus ROG Zephyrus G14. Danu menyebut, harga dan informasi lainnya akan perusahaanrevealpada 14 Maret 2024 mendatang.