Menanti Asus ROG Zephyrus G14 & G16 di Indonesia, Layarnya OLED VRR

11 January 2024 - by

Uzone.id - Di tahun ini, Asus gak cuma bawa laptop gaming pertamanya yang ditenagai prosesor Intel Core 14th Gen saja. Tak lama lagi, bakal hadir pula laptop gaming pertama dengan layar ROG Nebula Display berpanel OLED yang mendukung teknologi variable refresh rate atau VRR.

Advertising
Advertising

Asus bawa dua laptop gaming ke Indonesia dengan layar ROG Nebula Display OLED, yakni Asus ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16. Keduanya bakal jadi hero product sekaligus laptop gaming flagship dari Asus di tahun 2024.

“Tahun ini juga, Asus ROG Zephyrus G16 dan G14 menjadi laptop gaming Asus dengan layar OLED. Ada opsinya nanti, ada layar mini-LED dan terbaru layar OLED,” kata Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman, dalam acara ‘ROG The First to Bring Innovation to Indonesia’ di Jakarta.

 

Baca Juga :

Laptop Gaming Asus Pakai Intel Core i9-14900HX Tiba di RI Bulan Depan
 

 

Country Technical Public Relation Asus Indonesia, Riandanu Madi Utomo menyebut, layar OLED pada ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16 sangat istimewa, lantaran menjadi laptop layar OLED pertama di dunia yang dibekali teknologi VRR. 

VRR sendiri merupakan fitur yang sangat penting bagi para gamer karena dapat mengeliminasi efek screen tearing dan stuttering saat bermain game.

Lebih lanjut, baik Asus ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16 juga mengusung desain yang berbeda dari generasi sebelumnya. Keduanya tak lagi menampilkan desain AniMe Matrix pada bodi belakang, melainkan Slash Lightning.

“Efek cahaya pada Slash Lightning bisa diatur lewat Armoury Crate. Tampilannya berbeda dari sebelumnya,” jelas Riandanu.

Pun demikian dengan form factor kedua laptop yang kian ringkas. Asus ROG Zephyrus G14 kini berbobot 1,5 kg, sementara Zephyrus G16 punya berat 1,85 kg. Keduanya pun jadi lebih tipis dari generasi tahun lalu.

“Dibuat menggunakan CNC aluminium, layarnya dilapisi Gorilla Glass. Sekarang gak ada fingerprint, sepenuhnya facial recognition,” terangnya.

Ditenagai prosesor baru dari AMD dan Intel

Asus membenamkan prosesor generasi terbaru untuk ROG Zephyrus G14 dan G16. Asus ROG Zephyrus G14 akan ditenagai prosesor hingga AMD Ryzen 8545HS, sedangkan Zephyrus G16 disokong daya gedornya oleh chipset hingga Intel Core Ultra 9 185H

 

Baca Juga :

Intel Core 14th Gen Debut, Lebih Gahar dari AMD Ryzen 9?
 

 

Keduanya merupakan CPU generasi terbaru yang telah dibekali dengan neural processing unit (NPU) untuk mengakselerasi pemrosesan artificial intelligence (AI). Sementara untuk grafisnya, keduanya mengandalkan GPU Nvidia GeForce RTX 40 Series yang sudah teruji keandalannya dalam hal gaming, produksi konten, hingga AI.

Firman memastikan, kedua laptop ini akan hadir tak lama lagi di pasaran Indonesia. Selain Asus ROG Zephyrus G14 dan Zephyrus G16, Asus juga akan membawa rangkaian laptop lainnya bertenaga Intel Core 14th Gen dalam waktu dekat, seperti ROG Strix SCAR 16/18 dan Strix G16/G18.

“Laptop gaming Asus dengan Intel Core 14th Gen masuk ke pasaran Indonesia pada kuartal pertama tahun 2024 ini. Semuanya menggunakan teknologi baru dari Intel,” pungkasnya.