icon-category Gadget

Intel Core 14th Gen Debut, Lebih Gahar dari AMD Ryzen 9?

Uzone.id - Suksesor Intel Core 13th Gen diumumkan pada gelaran Consumer Electronics Show atau CES 2024. Adalah Intel Core 14th Gen, termasuk seri HX untuk laptop gaming yang diresmikan Intel pada pameran teknologi yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Intel Core 14th Gen HX-series menjadi tipe dengan kinerja komputasi paling tinggi. Roger Chandler selaku Intel Vice President and General Manager mengatakan, chipset ini dirancang khusus untuk gamer, kreator, dan pekerja profesional yang membutuhkan laptop bertenaga untuk menunjang mobilitasnya.

"Para enthusiast yang memiliki mobilitas tinggi kini bisa mendapatkan pengalaman mobile terbaik yang ada saat ini dengan prosesor HX-series kami," jelasnya, dalam keterangan resmi yang diterima Uzone.id.

Varian tertinggi adalah Intel Core i9-14900HX yang disiapkan sebagai dapur pacu laptop gaming flagship keluaran 2024. Chipset ini memiliki 24-core dan 32-thread yang terdiri dari 8 performance-core (p-core) dan 16 efficient-core (e-core).

Prosesor ini punya frekuensi turbo hingga 5,8 GHz untuk memberikan kinerja gaming yang 17 persen diklaim lebih lebih baik dari AMD Ryzen 9 7945X3D, dan menyuguhkan kinerja multitasking hingga 51 persen lebih cepat dari AMD Ryzen 9 7945HX.

Intel Core Core i9-14900HX juga mendukung RAM DDR5-5600 hingga 192 GB, WiFi 7, Bluetooth 5.4, dan Thunderbolt 5.

Demi menambah daya gedornya, Intel menyematkan dukungan overclocking lewat fitur Extreme Utility (XTU) dan Intel Extreme Memory Profile (XMP).

"Dengan lebih dari 60 sistem berbasis Intel Core 14th Gen HX dari para mitra yang akan masuk ke pasar pada tahun 2024, para mobile enthusiast dapat bermain game, berkreasi, dan bekerja saat bepergian dengan lebih baik dibandingkan sebelumnya," terang Roger.

Intel turut meningkatkan jumlah core untuk varian Core i7-14700HX. Prosesor ini dilengkapi 20 core, yang terbagi menjadi 8 p-core dan 12 e-core. Jumlah core efisiennya ini bertambah empat jika dibanding Core i7 generasi ke-13, sehingga performa multi-threaded pun akan meningkat.

Selain HX-series, Intel juga memboyong prosesor Core 14th Gen untuk perangkat desktop. Setidaknya ada 18 prosesor baru yang dirilis, termasuk Core i9-14900 dan Core i7-14700. 

Sama halnya dengan chipset laptop, varian Core i7 pun mendapatkan penambahan empat e-core yang memberikan performa lebih baik dengan efisiensi daya tinggi. 

Seluruh prosesor desktop juga kompatibel dengan RAM DDR5-5600 sampai 192 GB, memori SSD PCIe Gen 5.0 maupun Gen 4.0, hingga Thunderbolt 4.

"Dengan lini lengkap prosesor Intel Core 14th Gen yang kini tersedia secara online dan offline, pengguna PC bisa menemukan prosesor yang tepat untuk kebutuhan gaming, kreasi, dan produktivitas mereka sehari-hari," pungkas Roger.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini