Mengenal Mesin Seri NR, Keluarga Mesin Toyota yang Efisien dan Bandel

pada 9 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id-Toyotasebagai pabrikan raksasa otomotif, khususnya mobil, punya banyak seri mesin untuk sejumlah mobil-mobilnya. Begitu juga untuk mesin-mesin mobilToyotayang dipasarkan di Indonesia.

Salah satu yang paling banyak digunakan adalahmesin seri NR. Selain durabilitasnya yang ‘bandel’, mesin ini juga terkenal dengan efisiensinya yang tinggi.

 

 

Melansir website resmiToyota Indonesia, keluarga mesin NR adalah seri mesin empat silinder segaris milik Toyota dengan kapasitas antara 1.200 cc hingga 1.500 cc.

Kelebihan mesin generasi baru Toyota ini ada pada blok mesinnya yang diproduksi menggunakan bahan aluminium alloy.

Penggunaan bahan aluminium alloy ini membuat proses pelepasan panas menjadi lebih baik, sehingga efisiensi thermalnya lebih baik, di samping membuat daya tahan mesin juga meningkat.

Selain itu blok berbahan aluminium alloy membuat bobot mesin juga lebih ringan, yang seharusnya bisa berefek pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Rancangan dasar keluarga mesin NR menggunakan kepala silinder DOHC (Double Overhead Camshaft) yang dilengkapi empat buah katup per silinder.

Dipadukan dengan sistem pasokan bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection), rancangan ini membuat mesin NR memiliki performa yang optimal dengan konsumsi bahan bakar yang efisien.

Perkenalan masyarakat Indonesia dengan keluarga mesin NR terjadi saat PT Toyota-Astra Motor (TAM) meluncurkan Etios Valco pada 2013. Hatchback Toyota ini dilengkapi mesin 3NR-FE berkapasitas 1.197 cc.

Dengan spesifikasi bore x stroke sebesar 72,5 mm x 72,5 mm, mesin ini mampu menghasilkan output yang sangat baik, yaitu daya maksimum 80 PS / 5.600 rpm, dan torsi maksimum 10,6 Kgm / 3.100 rpm.

Tuntutan akan performa dan efisiensi yang semakin tinggi membuat Toyota mengembangkan mesin NR dengan menanamkan teknologi Dual VVT-i (Variable Valve Timing with intelligent).

Teknologi Dual VVT-i mengatur waktu bukaan katup (valve timing) sesuai kebutuhan mesin, baik pada katup masuk (intake) maupun katup buang (exhaust).

Penerapan teknologi ini membuat mesin NR mampu bekerja lebih efisien dan ramah lingkungan dengan performa yang semakin dapat diandalkan.

Tipe-tipe mesin NR pertama yang menikmati teknologi Dual VVT-i adalah 1NR-VE dan 2NR-VE, digunakan pada Grand New Avanza dan Grand New Veloz mulai 2015.

Mesin 1NR-VE memiliki kapasitas 1.329 cc dengan performa lebih bertenaga, irit bahan bakar, dan terbukti ketangguhannya. Maximum output mesin 1NR-VE ini mencapai 96,5 PS / 6.000 rpm, dengan maximum torque 12,3 Kgm / 4.200 rpm.

Sementara mesin 2NR-VE dengan kapasitas 1.496 cc memiliki daya maksimum 104 PS / 6.000 rpm, dan torsi maksimum 13,9 Kgm / 4.200 rpm.

Di awal 2016, Toyota Indonesia kembali memproduksi mesin baru dari keluarga NR dengan teknologi Dual VVT-i yang digunakan pada beberapa produknya.

Mesin 2NR-FE baru ini memiliki kapasitas silinder 1.496 cc. Dengan bore x stroke sebesar 72,5 mm x 90,5 mm, mesin ini mampu menghasilkan daya maksimum 107 PS / 6.000 rpm, dan torsi maksimum 14,3 Kgm / 4.200 rpm.

 

 

Mesin generasi terbaru ini awalnya digunakan pada MPV All New Sienta, kemudian disusul denganhatchback New Yaris dan sedan New Vios.

Pertengahan 2016, keluarga mesin NR di Indonesia bertambah dengan diproduksinya tipe 3NR-FE yang kini dilengkapi teknologi Dual VVT-i.

Mesin berkapasitas 1.197 cc ini kini mampu menghasilkan maximum output 88 PS / 6.000 rpm, dan maximum torque 11 Kgm / 4.200 rpm.

Mesin 3NR-FE Dual VVT-i ini digunakan pada MPV All New Calya. Mulai 2017 mesin 3NR-FE Dual VVT-i juga digunakan pada hatchabck New Agya.