icon-category Auto

Mobil Hybrid Toyota Terlaris, Tapi Masih Kalah Banyak dari Bensin

  • 28 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Toyota mengklaim penjualan mobil-mobilnya di IIMS 2024 meningkat 30 persen dari tahun lalu. Mobil hybrid Innova Zenix menjadi yang terlaris, tapi secara total, masih kalah banyak dari mobil bensin.

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mencatatkan 2.540 SPK karena didorong oleh peningkatan sales kendaraan elektrifikasi (xEV). Dimotori Innova Zenix HEV yang mencatat 411 SPK, berkontribusi terhadap 16,2 persen dari total keseluruhan pesanan mobil baru Toyota.

Kontribusi tersebut ditambah dengan perolehan Toyota Yaris Cross hybrid di posisi kedua dengan angka 217 SPK atau sebesar 8,5 persen.

Ditambah lagi dua mobil hybrid baru Toyota, All New Vellfire HEV dengan 55 SPK bersama saudaranya Alphard HEV yang mendapatkan 57 SPK.

Sehingga jika ditotal bersama HEV Toyota lainnya, penjualan kendaraan elektrifikasi Toyota di pameran skala internasional ini mencapai 762 SPK atau sekitar 30 persen dari total SPK Toyota. Sisanya, 70 persen masih didominasi mobil bermesin bensin Toyota.

alt-img

Namun Toyota tetap gembira karena mobil-mobil hybridnya mulai mendominasi penjualan, sehingga mampu merefleksikan apresiasi masyarakat terhadap model elektrifikasi secara umum dan Kijang secara spesifik.

“Pencapaian ini merupakan sinyal positif bahwa industri otomotif terutama kendaraan elektrifikasi akan tumbuh semakin kuat ke depannya sekaligus mendorong roda perekonomian negara,” kata Vice President Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto dalam keterangan resminya.

Sebagai mobil terlaris, Innova Zenix Hybrid menggabungkan mesin bensin 4 silinder M20A-FXS 1.987cc. Tenaga maksimalnya 186 PS di 6.000 rpm, dam torsi 187,3 Nm di 4.400-5.200 rpm. Untuk motor listriknya bertenaga 113 PS, dsn torsi 205,9 Nm.

Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) ditawarkan dalam beberapa varian, harganya mulai dari Rp471,600 juta untuk tipe 2.0 G CVT, sampai termahalnya lebih dari setengah miliar rupiah, atau Rp627,600 juta untuk tipe 2.0 Q CVT TSS Modellista warna premium.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini