Meta Luncurkan 4 Fitur Baru Buat Facebook dan Instagram, Apa Saja?
Uzone.id- Perusahaan raksasa Meta telah menggelar acara Creator Week 2022 di Bali pada 1 November kemarin. Dalam acara ini, Meta juga mengumumkan berbagai fitur baru untuk kreator Instagram dan Facebook.
Acara ini mengundang kreator dari seluruh Asia-Pasifik untuk menghadiri berbagai kegiatan yang membantu mereka mengembangkan karir, terhubung dengan rekan kerja, dan membangun masa depan bersama
“Creator Week 2022 adalah ajang selebrasi bagi kreator-kreator dari seluruh Asia Pasifik yang menginspirasi gerakan baru dalam menciptakan konten online kreatif,” kata Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara.
Revie juga menambahkan, “Meta juga terus membantu para kreator untuk lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif dan segar melalui berbagai fitur terbaru yang disediakan di berbagai lini platform Meta.”
Baca juga:Elon Musk Siap Datangi Indonesia, Jadi Pembicara di B20 Summit 2022
Yang pertama,pembaruan pada Instagram Reels
Pengguna kini bisa membagikan video ke Instagram Reels langsung dari aplikasi favorit mereka, seperti Videoleap, Smule, VivaVideo dan masih banyak. Aplikasi-aplikasi ini juga dapat membantu pengguna untuk langsung membagikan videonya ke Facebook.
Kedua,pembaruan pada Facebook Reels
Fitur baru di Facebook Reels ini membantu kreator untuk semakin berinteraksi dengan penggemar, beberapa fitur baru yang dihadirkan adalahFacebook Reels Collabs(berkolaborasi dengan kreator lain dan menciptakan konten Reels bersama),Facebook Reels Explore(destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending) danFacebook Reactions di Reels( cara baru untuk berinteraksi dengan konten).
Ketiga,fitur Anti-Bullying di Instagram
Instagram juga merilis fitur untuk mendukung keamanan dan kenyamanan kreator di platform. Fitur ini dihadirkan untuk melindungi kreator dan figur publik dari interaksi yang tidak diinginkan.
Beberapa diantaranya adalah pembaruan pada Multi-Blokir dimana kreator bisa memblokir akun yang akan dibuat oleh pihak terblokir sebelumnya. Ada fitur ‘Pengingat kebaikan’ berupa notifikasi yang muncul di DM Instagram untuk mengingatkan pengguna menyampaikan pesan dengan baik ke kreator.
Baca juga: 5 Rencana Aneh Elon Musk Untuk Twitter
Ada juga fitur ‘pengingat untuk membalas komentar’ sebagai pengingat untuk berinteraksi secara positif di dalam utas komentar yang memanas. Kemudian ada pembaruan pada Hidden Words dimana pesan ofensif yang dikirim lewat balasan Stories akan terfilter dan masuk ke Hidden Requests di DM. Instagram juga memperluas daftar kata untuk Hidden Words dari berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia.
Meta juga menghadirkan pengaturan Default untuk akun kreator dimana Instagram mengatur Hidden Words untuk kolom komentar dan DM sebagai default akun kreator.
Keempat,Mode Profesional di Profil Facebook
Meta juga menghadirkan mode Profesional baru untuk Profil Facebook. Melalui Mode ini menawarkan alat dan fitur yang dirancang untuk mereka yang ingin memulai perjalanan mereka sebagai konten kreator dan membangun basis penggemar.
Melalui mode Profesional, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang melalui ekspansi Stars, iklan in-stream, Reels Play. Mereka juga juga dapat mengakses analitik, materi-materi edukasi dan masih banyak lagi.
Sementara itu, selama satu tahun terakhir, Meta terus meluncurkan berbagai inisiatif termasuk Creators of Tomorrow dan beberapa inisiatif di Indonesia seperti #TawadiReels, #OlahragadiReels, dan #MenujuMetaverseCafe.
Dalam pernyataannya, Meta akan terus berkolaborasi dengan kreator untuk membantu mereka menumbuhkan audiens dan mengubah minat mereka menjadi sebuah profesi dan membawa berbagai macam kreator dari seluruh teknologi Meta.