Mikir-Mikir Beli iPhone & Flagship Android Tahun Depan, Makin Mahal!

pada 8 bulan lalu - by

Uzone.id -Harga belasan juta Rupiah untuk sebuahsmartphone flagshipdi Indonesia saja sudah terasa mahal buat sebagian orang. Tapi ke depannya, harga ponselflagshipbakal jauh lebih mahal lagi. Kenapa kira-kira?

Isu ini diungkap pertama kali olehleaksterYogesh Brar di X (dulunya Twitter). Ia memperkirakan, harga ponselflagshiptahun depan bakal lebih mahal, seperti Google Pixel 8 Series, iPhone 15 Series, Xiaomi 14 Series, hingga Samsung Galaxy S24 Series.

Kenaikan harganya variatif, mulai dari USD50 atau setara Rp766 ribuan sampai USD200 atau setara dengan Rp3 jutaan. Dikutip dariAndroid Authority, kenaikan harga ini tergantung variannya, seperti kapasitas RAM dan ruang penyimpanan.

Kenaikan harga ponselflagshipini sebetulnya tidak terlalu mengejutkan. Sebelumnya, Apple santer dikabarkan akan menaikkan harga iPhone 15 Series. 

 

 

Chipset Apple A17 Bionic yang dibenamkan pada model Pro dan Pro Max menjadi salah satu alasan utamanya. Pembaruan penting lainnya yang memengaruhi harga iPhone 15 Series, seperti penggunaan port USB-C, material bodi yang lebih baru, hingga kamera yang makin canggih.

Untuk diketahui, iPhone 15 Pro Max akan membawa teknologi kamera yang tak pernah ada sebelumnya, yakni kameratelephotodengan lensa periskop yang berkemampuan 6xoptical-zoom.

Dengan harga iPhone 15 Series yang diprediksi naik, maka besar kemungkinanbrandsmartphoneAndroid pun akan meresponnya dengan melakukan hal yang sama. Terlebih, salah satu faktor yang menyebabkan harga ponselflagshipnaik adalah biaya produksi chipset yang kian tinggi.

Prosesor Snapdragon 8 Gen 3 misalnya. SoC (system on chip) tersebut kabarnya akan dijual dengan harga lebih tinggi dari Snapdragon 8 Gen 2. Inilah yang jadi alasan mengapa harga Samsung Galaxy S24 Series dan Xiaomi 14 Series akan naik.

 

 

Makanya, untuk mengatasi hal itu, Samsung akan kembali mengadopsi strategi lama mereka, yakni menggunakan dua chipset berbeda untuk mengimbangi biaya produksi.

Di beberapa negara, Samsung Galaxy S24 Series akan ditenagai prosesor Exynos 2400, sementara di negara lain yang jadi pasar penting tetap menggunakan Snapdragon 8 Gen 3.

Jadi, jika kalian berencana gantismartphoneke modelflagshipyang baru dalam beberapa bulan mendatang, mending segera nabung untuk menghadapi kenaikan harga yang cukup signifikan ini. Sudah siap nabung demiflagshipidaman, Uzoners?