Nama Dessert untuk Android 15 Bukan Kue atau Permen, Bisa Tebak?

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Belum juga Android 14 dirilis, bocoran terkait Android 15 sudah beredar. Apa namadessertbuat Android 15? Jawabannya Vanilla Ice Cream, demikian informasi yang dibagikantipsterMishaal Rahmaan di Twitter.

Nama ini diketahui dari tabel kode pada Android Open Source Project atau AOSP sebagai bagian dari perubahan kode di dalam Trade Federation atau Tradefed Android. Hal ini juga mengisyaratkan kalau sistem operasi tersebut tengah diuji coba meski rilisnya masih tahun depan.

Ini bukan pertama kalinya buat Google menggunakan nama makanan makanan dingin sebagai alias dari sistem operasi Android. Raksasa pencarian tersebut menggunakan nama Ice Cream Sandwich untuk Android 4.0 yang rilis pada Oktober 2011 silam.

Baca juga:5 Game Zombie Terbaik di Android dan iOS, Berani Mainin?

Bocoran nama kode itu tidak memberikan informasi lebih banyak, termasuk soal fitur-fitur baru yang mungkin diadopsi oleh Android 15. Karena itu, mungkin masih harus menunggu cukup lama untuk melihat inovasi apa saja yang ditawarkan oleh es krim rasa vanilla tersebut.

Google memang tak lagi menggunakan nama makanan penutup untuk seri Android setelah Android 9 Pie. 

Kendati demikian, Google masih menyertakan namadesserttersebut dalam kodebuilddi sistem operasi terbarunya, seperti Red Velvet Cake untuk Android 11, Snow Cone buat Android 12, dan Tiramisu untuk Android 13. 

Baca juga:MWC 2023: Koneksi Satelit iPhone 14 Jadi Fitur Mainstream di Android

Kini pengguna Android tengah menanti pembaruan ke Android 14. Dari rumor yang berembus, namadessertuntuk Android 14 adalah Upside Down Cake.

Saat ini Android 14 masih dalam tahapdeveloper previewpertama, dan kemungkinan akan meluncur pada paruh kedua tahun ini. Beberapa fitur sudah terungkap, seperti menghapusbloatwaredari sistemsmartphone, punya kemampuanapp cloning, koneksi via satelit, serta peningkatan keamanan dan privasi.