Netflix Uji Coba Fitur ‘Shuffle’ Buat Pengguna yang Suka Bingung Mau Nonton Apa

pada 4 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

(Foto: dok. Unsplash)

Uzone.id-- Ada istilah ‘Netflix fatigue’ yang kerap digunakan untuk menggambarkan sindrom atau perasaan bingung bukan kepalang untuk menentukan tayangan apa yang ingin ditonton saking banyaknya. Kebingungan ini tampaknya ingin diatasi oleh Netflix melalui fitur baru bernama Shuffle Play.

Yup, Netflix sedang menguji coba fitur baru yang dapat membantu pengguna untuk menentukan film atau serial apa yang akan ditonton. Sesuai namanya, tombol “Shuffle Play” ini akan memberikan rekomendasi tontonan secara acak jika pengguna menekannya. 

Baca juga:Ini Kata Netflix Soal Naiknya Harga Langganan di Indonesia

Dari penuturan Netflix, fitur Shuffle Play ini telah diuji coba sejak Juli kemarin.

Sejauh ini, Netflix mengindikasikan kalau fitur Shuffle Play baru akan bekerja di perangkat TV, belum di perangkat mobile.

Nantinya, tombol ini akan berada di dalam menu di sebelah kiri dengan tulisan “Play Something”. Sebagai percobaan, jika pengguna mengkliknya, Netflix bisa mengalihkan ke serial ‘Umbrella Academy’ dengan penjelasan “karena Anda telah menonton Spider-Man’.

Baca juga:Facebook, TikTok Hingga Netflix Wajib Bayar Pajak di Indonesia Per 1 September

Jadi tampaknya, fitur Shuffle Play ini masih memanfaatkan riwayat tontonan pengguna agar rekomendasi yang muncul sesuai dengan minat dan jenis atau genre tayangan sebelumnya.

“Kami menjalankan uji coba fitur ini di beberapa negara untuk waktu yang berbeda. Kami hanya akan merilisnya secara luas jika fitur ini terbukti berguna,” ungkap juru bicara Netflix kepadaThe Verge.