Netizen Habiskan Waktu Lebaran untuk Main TikTok dan WhatsAppan

pada 2 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id— Libur panjang lebaran jadi momen yang sangat ditunggu, termasuk berkumpul dan merayakan Idulfitri bersama keluarga. Ada berbagai cara untuk mengisi waktu liburan, salah satunya berbagi konten di media sosial.

Selama momen Idulfitri kemarin, perusahaan operator mencatat adanya peningkatan trafik data untuk berbagai aktivitas, salah satunya lonjakan akses media sosial dan aplikasi perpesanan.

TikTok dan WhatsApp menjadi dua platform media sosial yang banyak dimainkan saat momen lebaran, menurut laporan Telkomsel. Indosat juga mencatat TikTok dan WhatsApp sebagai dua aplikasi yang paling banyak diakses selama momen lebaran kemarin.

Dalam laporan RAFI 2023, Telkomsel mencatat adanya peningkatan aktivitas pelanggan dalam mengakses layanan digital, salah satu yang paling tinggi adalah penggunaan WhatsApp yang melonjak hingga 40,3 persen di momen Idulfitri kemarin.

Aplikasi media sosial seperti TikTok juga meningkat setar 28,5 persen, disusul SnackVideo 23,4 persen, Instagram yang naik 14,2 persen, dan YouTube yang meningkat hingga 12 persen.

Sementara itu, laporan Indosat Ooredoo Hutchison mencatat kenaikan aplikasi media sosial sebesar 45 persen, dimana  aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook banyak diakses saat waktu libur.

Selain bermain media sosial, gaming juga menjadi sarana hiburan saat libur lebaran kemarin. Indosat mencatat kenaikan sebesar 14 persen dengan dominasi game online seperti Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG.Telkomsel juga mencatat lonjakan pengguna game online selama lebaran dengan persentase kenaikan mencapai 15,2 persen.

Melihat adanya lonjakan di media sosial tertentu, bisa dilihat kalau pada masa-masa lebaran, netizen Indonesia banyak menghabiskan waktu dan berbagi konten kebersamaan dengan keluarga lewat media sosial seperti TikTok dan Instagram. Selain itu, bersilaturahmi secara online juga dilakukan melalui aplikasi perpesanan WhatsApp yang hingga saat ini masih jadi aplikasi chatting yang mendominasi di Indonesia.