Opensignal 2022: Persaingan Ketat Telkomsel dan XL Jadi Operator Terbaik

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Opensignal merilis laporan analisis terbaru terkait pengalaman jaringan dari operator seluler di Indonesia. Telkomsel dan XL Axiata dipilih sebagai dua operator seluler terbaik oleh perusahaan analitik seluler tersebut.

Untuk mengetahui mana operator terbaik yang memberikan pengalaman jaringan seluler yang maksimal secara keseluruhan, Opensignal menganalisa lima operator, di antaranya Telkomsel, Smartfren, XL Axiata, Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 Indonesia (Tri). 

Proses pengumpulan data dilakukan selama 90 hari, tepatnya mulai 1 Agustus sampai 30 Oktober 2022. 

Ada 9 kategori penilaian yang dilakukan Opensignal, yakni Pengalaman Video, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi Suara, pengalaman Kecepatan Unduhan, Pengalaman Kecepatan unggahan, Ketersediaan, Pengalaman Cakupan 4G, Kualitas Konsistensi Luar Biasa, dan Kualitas Konsisten Inti.

Baca juga:Indosat Susul Smartfren Rilis eSIM, Tinggal Telkomsel dan XL Nih

Telkomsel dan XL Axiata mendominasi kemenangan di 9 kategori ini, dimana masing-masing memenangi 4 kategori, sementara 1 kategori sisanya direngkuh oleh Smartfren. 

Telkomsel menjadi operator terbaik untuk urusan Pengalaman Kecepatan Unggahan, Pengalaman Cakupan 4G, Kualitas Konsistensi Luar biasa, dan Kualitas Konsistensi Inti. 

Sementara XL Axiata, dinobatkan sebagai operator yang memberikan Pengalaman Game, Video, dan Aplikasi Suara yang paling baik,plusoperator dengan Pengalaman Kecepatan Unduh tertinggi. Adapun untuk Smartfren, masih memimpin soal Ketersediaan.

Persaingan ketat Telkomsel dan XL Axiata

Dalam laporannya, analisis Opensignal yang terbaru mengungkap persaingan antara Telkomsel dan XL Axiata dalam hal pengalaman jaringan seluler pengguna.

Telkomsel dinobatkan sebagai operator yang memiliki pengalaman seluler paling konsisten. Telkomsel unggul dalam hal kualitasExcellent ConsistentdanCore Consistentuntuk kedua kalinya berturut-turut. 

“Hasil ini menunjukkan bahwa pengguna Telkomsel melihat proporsi pengujian terbesar yang memenuhi ambang minimum untuk mendukung aplikasi seluler reguler dan yang lebih menuntut,” jelas Opensignal.

Telkomsel juga menjuarai kategori Pengalaman Cakupan 4G dengan skor akhir 8,8 poin pada skala 10 poin. Nilai operator ini jauh di atas XL Axiata dan Indosat Ooredoo dengan skor 6,5 dan 6,4 poin.

Baca juga:Natal-Tahun Baru, Trafik XL Axiata di Tol Trans Jawa Diramal Naik 10 Persen

“Pengalaman Jangkauan 4G Opensignal menganalisis tempat menerima sinyal 4G relatif terhadap lokasi yang dikunjungi pelanggan operator jaringan,” terang Opensignal.

Sementara itu, XL berada di posisi teratas untuk hasil pengukuran Pengalaman Video, Game, dan Aplikasi Suara di Indonesia. Layanan sepertistreamingvideo, maingame onlineatau menggunakan layanan suaraover the top(OTT), pengguna XL Axiata dinilai mendapatkan pengalaman terbaik.

Kecepatan Unduhan ataudownloadjuga dipimpin oleh anak perusahaan Axiata itu. Opensignal mencatat, pengguna XL memiliki Pengalaman Kecepatan Unduhan tertinggi di Indonesia dengan rata-rata kecepatan 20,8 Mbps atau unggul 18,2 persen dari Telkomsel dan lebih dari dua kali lipat dari Smartfren di posisi terakhir denganspeed9,5 Mbps.

Kecepatan unduhan ini mengalami peningkatan rata-rata sebesar 2,1 Mbps atau 10,9% sejak laporan Opensignal pada Juli 2022.

Bersamaan dengan analisis nasional yang dilakukan Opensignal, perusahaan itu juga memeriksa pengalaman jaringan seluler penggunanya di 10 wilayah utama di Indonesia. 

“Kami menggunakan pengukuran 5G selain pengukuran teknologi jaringan seluler generasi lama saat menentukan skor keseluruhan untuk setiap kategori penghargaan,” pungkas Opensignal dalam laporannya.