Oppo Reno11 F dari Dekat: Mending Ini atau Reno11 Aja?

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id -OppoReno11 F telah dirilis di Indonesia dengan harga Rp4.599.000. Walau dijual dengan harga yang lebih murah, ponsel ini tetap mengusung fitur-fitur yang menggoda, termasuk teknologi yang meningkatkan pengalaman pengguna saat berkomunikasi via telepon.

Malah, beberapa fitur dari duo Reno11 Series lainnya tetap dipertahankan Oppo untuk Reno11 F. Bagian layar misalnya, dimanasmartphoneini tetap mengusung layar yang luas, beresolusi tinggi, dan mampu menampilkan konten berkualitas HDR kepada pengguna.

Ya, meski panelnya datar, tapi layar AMOLED 6,7 inci pada Reno11 F dapat memberikan visualisasi maksimal baik saat menikmati konten, bermaingame, maupun bekerja. 

 

 

Layarnya beresolusi Full HD+ denganrefresh rate120Hz.Refresh rate-nya memang belum adaptif, tapi setidaknya mampu memberikan transisi yang mulus saatscrollingmenu atau ketika mengakses aplikasi dan game yang mendukungframe ratetinggi.

Lebih baik dari Oppo Reno11 dan Reno11 Pro, layar Reno 11 F memiliki intensitas cahaya padapeak modemencapai 1.100 nits. Makin tinggi intensitas cahayanya, maka tak perlu khawatir saat menggunakansmartphonedi lingkunganoutdoordengan cahaya matahari yang lumayan terik, konten bakalan terlihat secara maksimal.

Menariknya, layar Oppo Reno11 F juga punya sertifikasi HDR10+ dan WideVine L1. Itu berarti, kalian dapat menikmati konten video beresolusi tinggi pada mode HDR di YouTube dan aplikasistreaminglainnya, sepertiNetflix.

Adapun untuk lapisan kaca pelindung layar, Oppo menyematkan Panda Glass. Layar Oppo Reno11 F juga telah mendukungin-display fingerprint, sama seperti duasmartphonelainnya.

Di belakang, Oppo Reno11 F memiliki tiga opsi warna, yakni Palm Green, Ocean Blue, dan Coral Purple. Ciri khasnyaOppo, warna-warni ponsel ini terlihateye-catchingdengan berbagai efek gradasi warna dan pantulan cahaya.

Bicara dimensinya,smartphoneini punya tebal 7,54 mm dengan bobot hanya 177 gram. Bodinya dibuat datar, mengikuti trensmartphoneAndroid sekarang. Tepian bodinya dibuat agak menyiku, namun masih nyaman buat digenggam dan dioperasikan.

 

 

Di bagian bawah, terdapat lubang speaker, USB-C, dan mikrofon. Di atas, hanya terdapat mikrofon tambahan. Kemudian di sisi kiri, ada SIM tray yang memuat dual SIMhybrid(SIM 1 + SIM 2 atau SIM 1 + microSD), sementara di kanan ada tombol Power dan Volume.

Dapur pacu sama dengan Reno11

Oppo Reno11 F dilengkapi dapur pacu yang sama seperti Reno11. Prosesornya menggunakan MediaTek Dimensity 7050,system on chip(SoC) 6nm yang menawarkan kecepatan hingga 2,6 GHz padaperformance-core.

RAM ponsel ini berjenis LPDDR4X dengan kapasitas 8 GB, sementara memori penyimpanannya sudah UFS 3.1 denganwritedanread speedlebih cepat dari UFS 2.2. Adapun kapasitasnya 256 GB yang bisa diperluas dengan microSD sampai 2 TB.

Baterai Oppo Reno11 F sebesar 5.000 mAh yang dapat diisi secara singkat dengan 67W SuperVOOC. Adaptor dan kabel USB-C sudah tersedia dalam paket pembelian.

Oppo Reno11 F sudah berjalan diColorOS 14berbasis Android 14 yang diberikan jaminan dua kaliupgradeOS dan tiga tahunsecurity update

Fitur-fiturnya lengkap, seperti yang kami bilang di awal, memaksimalkan pengalaman pengguna ketika berkomunikasi.

Ada Clear Voice Mode akan mengaktifkannoise cancellinguntuk mengurangi suara bising sampai 40 dB ketika pengguna melakukan panggilan telepon. Kemudian Ultra-Volume Mode yang menambah keluaran suara hingga 300 persen.

Lalu ada LinkBoost yang memanfaatkan 360 derajat antena pada Oppo Reno11 F untuk meningkatkan kekuatan sinyal selular sampai 58,5 persen lebih baik, sehingga transmisi data maupun panggilan telepon kian maksimal.

 

 

Oppo Reno11 F juga sudah mengantongi rating IP65 tahan percikan air dan debu, koneksi 5G, dan NFC.

Bagian kamera jadi sektor lainnya yang sedikit ‘dikorbankan’ oleh Oppo. Bukan kamera 50 MP denganoptical image stabilization(OIS) seperti Reno11 dan Reno11 Pro, Oppo Reno11 F hanya menggunakan kamera 64 MP OmniVision OV64B tanpa dukungan OIS.

Kamera ini disandingkan dengan kameraultrawide8 MP dan makro 2 MP. Sementara kamera depannya bersensor 32 MP Sony IMX615 yang diletakkan padapunch holedi tengah atas layar.

Oppo Reno11 F dibanderol dengan harga Rp4.599.000. Ponsel ini dapat dipesan mulai 16 hingga 23 Februari 2024 di seluruh Oppo Experience Store, Oppo Gallery, toko rekanan resmi Oppo Indonesia, dane-commerceterkemuka di Indonesia.

Oppo Reno11 F tersedia dalam warnaPalm Green, Ocean Blue, dan Coral Purple. Khusus warna Ocean Blue, ponsel ini tersedia secara terbatas.