Pelanggan Hobi Main Medsos Saat Lebaran, Trafik Indosat Naik 15 Persen

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id— Lonjakan lalu lintas data pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison tercatat mencapai 25 persen dari tahun sebelumnya, dengan kenaikan paling tinggi terjadi pada malam takbiran Idulfitri, 21 April 2023 kemarin.

Indosat juga mencatatkan kenaikan trafik data sebesar 15 persen di masa lebaran dibandingkan dengan hari-hari biasanya.

Menurut perusahaan, lonjakan ini merupakan hasil dari jaringan yang telah 100 persen terintegrasi di 46 ribu sites di seluruh Indonesia, dengan jangkauan hingga level kecamatan pada periode libur Lebaran 2023. 

“Tingginya kenaikan trafik data membuktikan bahwa pelanggan menikmati jaringan terintegrasi Indosat yang memberikan jangkauan lebih luas, kualitas layanan indoor yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat,” kata SVP, Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio dalam keterangan yang diterima Uzone.id, Selasa, (25/04).

Menurutnya, keberhasilan ini merupakan hasil kolaborasi dengan para mitra dalam memberikanmarvelous experiencekepada seluruh pelanggan Indosat. 

“Dengan jaringan Indosat yang 100 persen terintegrasi, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pengalaman digital pelanggan yang menyesuaikan kebutuhan dan gaya hidup mereka,” tutur Agus.

Sementara itu, pelanggan Indosat Ooredoo Hutchison paling banyak mengakses media sosial selama periode lebaran kemarin. Hal ini terbukti dari pemakaian aplikasi media sosial yang mengalami kenaikan sebesar 45 persen.

Disusul dengan penggunaan messaging dan video call yang naik 28 persen, mobile gaming naik 14 persen, streaming video dan musik naik 10 persen dibandingkan dengan lebaran tahun lalu.

Agus menambahkan kalau pelanggan Indosat paling banyak mengakses aplikasi TikTok, WhatsApp, Youtube, Instagram, dan Facebook untuk mengisi waktu mudik dan liburan, termasuk game Mobile Legend, Free Fire, dan PUBG.

Berdasarkan data statistik Indosat, beberapa daerah dengan lonjakan trafik data yang signifikan berada di berbagai kota tujuan dan rute mudik di Pulau Jawa seperti Tasikmalaya, Cirebon, Sukabumi, Tegal, Serang, Solo, Purwokerto, Purwakarta, Banjarnegara, Cianjur, Madura, Bandung, Pati, dan Tuban. 

“Trafik data juga tercatat naik cukup tinggi di beberapa kota lainnya di luar Pulau Jawa, diantaranya di Metro-Kota Bumi, Baturaja, Bandar Lampung, Bone, Sampit, dan Pare-pare,” tambahnya.

Indosat sendiri telah mengatur berbagai strategi guna menghadapi periode libur Lebaran tahun ini, antara lain dengan meningkatkan kapasitas, pengawasan intensif melaluicommand centerfisik di kantor pusat dan regional, serta dukungan pelayanan pelanggan yang prima.

“Sebagai tambahan, kualitas layanan telekomunikasi dasar lainnya seperti telepon dan SMS tetap terjaga di level tertinggi,” tambah Agus.

Selama libur lebaran kemarin, Indosat juga mengklaim pihaknya telah menyelesaikan 74 persen tiket pengaduan pelanggan dalam kurun waktu kurang dari 24 jam sejak dilaporkan.

Selain itu, pengguna aktif aplikasi self-service bima+ dan myIM3 di sepanjang bulan Ramadan tahun ini juga tercatat naik dibanding bulan sebelumnya, dan terus tinggi di masa libur Lebaran.