Pelantikan Presiden RI Pakai Puluhan Unit Mercedes-Benz S-Class

pada dalam 2 jam - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Puluhan Mercedes-Benz S-Class akan disiapkan untuk pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029. Mobil-mobil tersebut akan dipakai oleh tamu negara yang menghadiri acara pelantikan tersebut.

Setidaknya terdapat 60 unit Mercedes-Benz S-Class yang akan digunakan untuk tamu negara pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024-2029 nanti. Puluhan mobil mewah tersebut diyakini dapat memudahkan mobilitas tamu negara agar acara berjalan lancar.

Hal ini disampaikan oleh Pratikno selaku Menteri Sekretariat Negara Republik INdonesia. Pratikno mengatakan mobil tersebut juga akan dipakai oleh kepala negara dan kepala pemerintahan.

"Sebanyak 60 unit Mercedes-Benz S-Class akan digunakan sebagai kendaraan resmi kepala negara, kepala pemerintahan, sampai tamu negara pada saat pelantikan Presiden RI dan Wakil Presiden RI 2024-2029," ujar Pratikno dalam keterangan resmi.

 

 

Selain untuk acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, kendaraan ini juga akan digunakan selama acara kenegaraan yang berlangsung dari 19-21 Oktober 2024 nanti.

"Kemensetneg memastikan pengelolaan kendaraan Mercedes-Benz S-Class dengan standar terbaik, termasuk asuransi all risk dan pengemudi dari Pasukan Pengamanan Presiden," ujar Eka Denny Mansjur selaku Sekretaris Kementerian.

Penggunaan Mercedes-Benz S-Class dianggap bisa membuat pengemudi tenang saat berkendara membawa tamu negara.

Perlu diketahui, Mercedes-Benz S-Class menjadi salah satu produk andalan yang dijual dengan harga Rp2,9 miliar. Berdasarkan laporan menyampaikan bahwa pemilihan mobil ini karena dirancang senyaman mungkin untuk penggunanya.

 

 

Bagian jok sudah menggunakan pelapis kulit Nappa yang membuat duduk di atasnya menjadi nyaman. Selain itu juga terdapat fitur pijak agar penumpang bisa bugar dalam perjalanan.

Soal performa, tentunya mobil besutan Mercedes-Benz sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Mesinnya menggunakan kode M256 berkapasitas 2.999 cc yang sudah dikawinkan dengan starter alternator EQ Boost 48 Volt. Dengan spesifikasi tersebut, mesinnya mampu menghasilkan tenaga 367 hp di 5.500 rpm dan torsi 500 Nm di 1.600-4.500 rpm.

Karena tenaga yang terlalu besar, Mercedes-Benz pun membatasi kecepatan yang bisa dinikmati pemakai S-Class. Kecepatannya hanya bisa mencapai 250 km/jam.