Pendiri Tokopedia Ditunjuk Jadi Co-Captain Timnas Anies-Cak Imin

pada 5 bulan lalu - by

Uzone.id– Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison resmi didapuk sebagai co-captain 7 Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) untuk Pilpres 2024.

Nama Leontinus diumumkan langsung oleh Anies. Ia dan 11 co-captain lainnya akan membantu kerja Ketua Timnas AMIN Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus.

Pengumuman ini dilakukan saat konferensi pers yang diumumkan langsung oleh Anies Baswedan.

"Berikutnya adalah co-captain Leontinus Alpha Edison. Beliau adalah co-founder Tokopedia.
Beliau pemuda asal Pontianak, Kalimantan Barat. Hobinya bersepeda, menjelajah,” ucap Anies.

 

 

Ia melanjutkan, “Pak Leon in adalah co-founder Tokopedia, perusahaan startup karya anak bangsa. Banyak di antara kita merupakan pengguna dari Tokopedia itu."

Sebagai pendiri Tokopedia, nama Leontinus bisa dibilang tidak terlalu sering disebut di media ketimbang co-founder William Tanuwijaya. Leontinus dan William mendirikan Tokopedia bersama-sama pada 2009.

Keduanya mengembangkan marketplace ini hingga menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, sampai akhirnya melakukan merger dengan Gojek pada 2021 dan membentuk GoTo Group.

Lahir pada 19 Maret 1981 di Pontianak, Kalimantan Barat, Leontinus mengemban pendidikan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta jurusan Teknologi Informasi.

 

 

Lulus kuliah, Leontinus membangun kariernya di bidang teknologi sebagai website developer di sejumlah perusahaan dari tahun 2003 hingga 2006. Kemudian ia dipercaya menjadi general manager di PT Indocom Mediatama.

Setelah ia mendirikan dan mengembangkan Tokopedia, Leontinus juga menjabat sebagai presiden komisaris perusahaan IT Dekara dari Juli 2022 sampai hari ini.

Selain Leontinus, ada juga nama kaliber seperti Mantan Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong yang juga ditunjuk sebagai co-captain merangkap juru bicara. Total ada 12 wakil ketua Timnas AMIN yang berisi pengusaha, budayawan, ulama, dan juga mantan pemimpin daerah.