Polytron & IMECCollabBikin Sekolah Desain Chip Semikonduktor

pada 1 tahun lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id- Polytron menggandeng pusat pengembangan dan penelitian semikonduktor asal Belgia, IMEC, untuk memajukan pengembangan SDM dalam negeri di bidang desain chip semikonduktor.

Kemitraan bersama ini akan membuka jalan bagi Indonesia untuk memasuki era semikonduktor dengan pengetahuan dan keterampilan mutakhir.

Teknologi semikonduktor memang memainkan peran penting di dunia modern yang memungkinkan terciptanya perangkat elektronik. Dengan industri semikonduktor yang terus berkembang, kebutuhan akan tenaga profeional yang terampil dalam desain chip menjadi sangat peniting.

Polytron menyadari kebutuhan ini dan bertujuan untuk memberdayakan individu untuk berkembang dalam bidang yang dinamis dan sangat kompetitif ini.

Kerja sama ini telah dialukan Memorandum of Understanding (MoU) pada 6 November 2023 kemarin antara Polytorn dan IMEC. Dengan kerja sama ini, dapat memperkaya basis pengetahuan Indonesia dan membina talenta di industri semikonduktor.

Komponen utama MOU mencakup:

1. Riset dan berbagi pengetahuan. Dalam hal ini IMEC akan berbagi penelitian dan keahlian mutakhirnya dalam desain chip semikonduktor, sehingga POLYTRON dapat menggunakan kesempatan ini sebagai pengembangan inovasi teknologinya.

2. Pelatihan dan pengembangan. Dengan kegiatan lokakarya, seminar, dan program pelatihan kolaboratif yang akan diselenggarakan, maka dengan demikian dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

3. Peluang belajar dan magang. IMEC akan memberikan kesempatan bagi pelajar dan profesional Indonesia untuk mendapatkan pengalaman langsung di fasilitas penelitian kelas dunia di Belgia.

4. Mengembangkan proyek penelitian bersama. Kedua organisasi akan terlibat dalam proyek penelitian kolaboratif untuk mengatasi tantangan spesifik industri dan mendorong inovasi.

Tekno Wibowo selaku Commercial Director Polytron menyebutkan kegembiraannya atas kemitraan tersebut. Kerja sama dengan IMEC menandai langkah maju untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan kemajuan industri semikonduktor Indonesia.

"Kolaborasi dengan IMEC ini menandai langkah maju yang signifikan dalam misi kami untuk berkontribusi pada pertumbuhan dan kemajuan industri semikonduktor Indonesia. Kami berkomitmen untuk membekali bangsa kita dengan keahlian yang diperlukan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk unggul dalam desain chip," Kata Tekno.

Kemitraan antara Polytron dan IMEC memiliki potensi besar bagi masa depan semikonduktor Indonesia. Mengingat hal ini dapat membuka pintu bagi pengetahuan, peningkatan keterampilan, dan kolaborasi internasional.

Melalui perjanjian MOU ini, kedua organisasi berdedikasi untuk memberdayakan individu dan perusahaan Indonesia agar dapat memainkan peran penting dalam lanskap semikonduktor global.