Preview Android 14: Cara Install Developer Preview dan Fitur Barunya

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -Google sudah mengumumkan kehadiran sistem operasi Android 14, tapi bukan rilis global, melainkan masideveloper previewyang kedua. Versideveloper previewyang baru ini membawa beberapa fitur baru dan penyesuaian kinerja, memberikan sedikit gambaran bagaimana penerus Android 13 tersebut saat dirilis resmi nanti.

Bila kalian penasaran dengan Android 14developer preview2, kalian bisa menggunakansmartphoneGoogle Pixel generasi terbaru atau memakai emulator Android untuk bisa menjalankannya.

Adapun buat seri Google Pixel yang mendapatkan izin untuk mengaksesdeveloper previewini adalah: 

  1. Google Pixel 7 Pro
  2. Google Pixel 7
  3. Google Pixel 6a
  4. Google Pixel 6 Pro
  5. Google Pixel 6
  6. Google Pixel 5a
  7. Google Pixel 5
  8. Google Pixel 4a 5G

Bagaimana carainstalldandownloadAndroid 14developer preview2? Kalau kalian sudah mendaftar programdeveloper previewyang pertama, kalian akan mendapatkan notifikasiupdateOTA dan tinggal melakukan instalasi saja.

Baca juga:Nama Dessert untuk Android 15 Bukan Kue atau Permen, Bisa Tebak?

Tapi jika tidak, kalian perlu melakukan instalasi secara manual menggunakan beberapatoolsyang diberikan Google. Berikut panduan lengkapnya:

  1. InstalldriverGoogle USB di situshttps://developer.android.com/studio/run/win-usb
  2. Hubungkan ponsel Google Pixel kalian ke PC atau laptop menggunakan kabel USB.
  3. Sekarang dismartphone, masuk keSystem>Developer Options.
  4. Developer Options ini bisa diakses melaluiSettings>About Phone, dan tekan 7 kali di bagianBuild Number.
  5. Balik lagi ke Developer Options, sekarang aktifkanOEM UnlockingdanUSB Debugging.
  6. Akses Android Flash Tool di situshttps://flash.android.com/untukinstallAndroid 14.

  7. Pilih versi Android 14 yang ingin kalian pasang, baik 32-bit atau 64-bit. 
  8. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan Android Flash Tool untuk melakukan instalasi secara manual.
  9. Perlu diingat, cara ini otomatis akan membukabootloaderponsel dan otomatis menghapus semua data di dalamnya.
  10. Dan lagi, sistem operasi ini masih belum stabil sepenuhnya. Disarankan untuk menggunakan ponsel sekunder untuk menjajal OS terbaru ini.

Fitur baru di Android 14

Berdasarkandeveloper previewyang kedua, Android 14 memiliki fitur yang memungkinkan pengguna memberikan izin akses untuk beberapa foto maupun video. Biasanya, izin akses terhadap galeri berlaku untuk semua foto dan video yang disimpan di ponsel.

Namun dengan fitur Photo Picker, pengguna bisa memberikan izin akses pada beberapa gambar saja dan menjaga foto maupun video lainnya tetap terjaga privasinya. 

Baca juga:5 Game Zombie Terbaik di Android dan iOS, Berani Mainin?

Jadi ada tiga pilihan akses yang disediakan, Allow Access to All Photos yang memberikan akses terhadap semua gambar, Select Photos untuk beberapa media saja, dan Don’t Allow yang tak mengizinkan akses sama sekali.

Selanjutnya ada fitur bernama Credential Manager. Fitur ini membuat pengguna semakin mudah untukloginke aplikasi atau layanan yang terpasang di ponsel mereka. 

Tak perlu lagi mengetikkanpasswordyang berpotensi bisa diintip orang lain. Untuklogin, pengguna hanya perlu memasukkanpasskeyyang sudah diatur.Passkeyini sudah diatur sistem keamanannya, mencegah orang-orang tak bertanggung jawab sepertihackeruntuk dapat mengaksesnya.

Kendati OS Android sudah semakin baru, tapi Google membuat sistem operasi ini seringan mungkin. Dengan UI (user interface) yang mulus, kebutuhan sumber daya yang lebih kecil juga bikin masa pakai baterai ponsel jauh lebih baik lagi.

Di Android 14developer preview2, Google memperkenalkan beberapa pengoptimalan seperti manajemen memori yang lebih baik sampai notifikasi dari aplikasi non sistem yang bisa ditutup oleh pengguna.

Fitur lainnya, Android 14 mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga untuk memberikanupdatelangsung kepada pengguna. Jadi,updatebisa langsung dilakukan melalui toko aplikasi di luar Google Play Store.

Baca juga:Koneksi Satelit iPhone 14 Jadi Fitur Mainstream di Android

Android 14 pun semakin ramah pengguna yang ‘merantau’ di tempat yang begitu jauh. Misal, pengguna asal Eropa yang tinggal di Amerika Serikat (AS), mereka dimungkinkan menggunakan beberapa fungsi yang sesuai dengan ‘gaya’ Eropa, seperti pengukuran, kalender, satuan suhu, mata uang, dan sebagainya.

Terakhir, Android 14 dapat meminimalkan gangguan bagi pengguna dan membuat mereka bisa leluasa mengontrol apa saja yang akan ditampilkan di layarsmartphone.

Sesuai dengan namanya, Android 14developer preview2 merupakan sistem operasi yang tak ditujukan buatend user, melainkan untuk paradeveloperuntuk menguji kompatibilitas dari aplikasinya saat dijalankan di sistem operasi yang lebih baru.