Preview iQOO 11, Smartphone Paling Sangar di Indonesia Tahun Ini

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -iQOO 11 segera debut di Indonesia pada 8 Desember mendatang.Smartphoneini bukan saja menjadi produk pertama iQOO saja di Indonesia, tapi juga menjadi ponsel pertama di tanah air yang ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2.

“Hal ini (klaim pertama di Indonesia), dikonfirmasi juga oleh Qualcomm,” ucap Robiat Fahlevie selaku Brand Manager iQOO Indonesia, dalam acara iQOO 11 Exclusive Preview, Selasa (29/11).

Snapdragon 8 Gen 2 merupakan prosesor terbaru yang diperkenalkan Qualcomm dalam acara Snapdragon Summit 2022 beberapa waktu yang lalu.Chipsetini dibangun berdasarkan arsitektur 4nm, dan menawarkan peningkatanclock-speedparaprime coredibandingkan seri sebelumnya.

Daripada Snapdragon 8 Gen 1, SoC (system on chip) itu mengusung konfigurasi CPU yang gak biasa. 

Prime core-nya menggunakan 1-core Cortex-X3 dengan kecepatan 3,2 GHz, menawarkan speed lebih kencang 5 persen dengan efisiensi yang lebih baik hingga 40 persen dibanding seri sebelumnya. 

Baca juga:Snapdragon 8 Gen 2 vs Dimensity 9200, Adu Canggih Chipset Flagship

Lalu 2-core Cortex-A715 dan 2-core Cortex-A710 dengan kecepatan masing-masing 2,8 GHz danefficiency coreyang terdiri dari 3-core Cortex-A510 dengan kecepatan 2 GHz. 

Otomatis, hal ini membuat iQOO 11 menjadi salah satu smartphoneAndroid paling gahar di Indonesia untuk tahun ini.

Kelebihan lain dari Snapdragon 8 Gen 2 adalah kartu grafis Adreno 640 yangsupportray tracing, dimanadevelopergamedimungkinkan untuk meningkatkan kualitas grafis permainannya agar mendekatigamePC. 

Bukan cuma Snapdragon 8 Gen 2 saja, iQOO 11 pun didukung oleh chip V2 yang secara eksklusif dirancang perusahaan untuk memaksimalkan efisiensi smartphone dan meningkatkanframe rateke level yang lebih tinggi.

ChipV2 juga berguna untuk meningkatkan kualitas gambar yang ditangkap oleh kamera iQOO 11.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 Dukung Ray Tracing, Game Android Makin Mirip PC

Desain kolaborasi dengan BMW Motorsport

Sudah cukup lama iQOO bekerja sama dengan BMW Motorsport, tepatnya pada 2020 yang lalu.  Padasmartphoneterbarunya, iQOO juga membawa kelir putih dengan tiga garis khas dari salah satu divisi otomotif dari BMW tersebut

Menurut Robiat, pihaknya akan terus bekerja sama dengan BMW Motorsport untuk membawa kesan yang cepat, berbeda dan premium untuk jajaransmartphone-nya.

Di Indonesia, iQOO 11 akan tersedia dalam dua varian warna, kelir putih dengan tiga garis khas BMW Motorsport dan warna hitammatteyang terihat elegan.

Dari kedua warna tersebut, iQOO 11 berwarna putih menjadi yang paling unik dan bisa dibilang hero color-nya. Bodi belakangnya memiliki tekstur seperti kulit sintetis yang nyaman dan halus saat digenggam, iQOO menyebutnya sebagaipremium leather.

Memang tak terlihat 'gaming banget', namun setidaknya ini menjadi cara bagi iQOO untuk menjangkau semua orang, tak hanya gamer hardcoresaja.

"Kami memiliki perbedaan yang kami tunjukan dengan BMW Motorsport, kami kombinasikan dengan semangat kami yang menunjukkan kami fokus ke high performance," jelas Robiat.

Bagian mencolok lainnya darismartphoneini adalah bingkai kameranya. Boleh dibilang, bentuk frame-nya cukup mirip dengan iQOO 10 Pro. Bedanya, terdapat logo 'V2' dan sejumput spesifikasi kamera dari iQOO 11. 

Baca juga: Perbandingan Kamera 200 MP, 108 MP, 50 MP & 48 MP, Lebih Bagus Mana?

Di bagian depan, smartphoneini tampil dengan layar datar dengan bentangan yang luas dan culup bezel-less. Tepat di atasnya, terdapat kamera depan yang diletakkan pada lubang kamera berbentuk kecil.

Bocoran spesifikasi iQOO 11

Mengutip dariGizmochina, iQOO 11 mengusung layar berjenis E6 AMOLED datar buatan Samsung berukuran 6,78 inci. Resolusinya mencapai QHD+ atau 3K dengan dukunganrefresh rate144Hz dantouch sampling rate300Hz.

Bukan cuma Snapdragon 8 Gen 2 saja, RAM-nya pun berjenis LPDDR5X dengan penyimpanan internal berjenis UFS 4.0. Baterainya berkapasitas 5.000 mAh dengan dukunganfast charging120W yang super cepat.

Di sektor kamera, terdapat sensor utama 50 MP yang disandingkan dengan kameraultra wide13 MP dan kamera makro 8 MP. Sedangkan kamera selfienya 16 MP.

Masih dari bocoran yang beredar, di China iQOO 11 Series akan hadir dengan sistem operasi OriginOS 3.0 berbasis Android 13, kemudian ada dukungan NFC juga padasmartphoneini.

iQOO 11 bakal diluncurkan pada 8 Desember mendatang di Indonesia. Belum diketahui, apakah hanya satu varian saja yang akan hadir atau tidak. Sebab, beredar kabar kalau iQOO pun akan menghadirkan iQOO 11 Pro dengan kemampuan kamera yang lebih baik.