Proyek Gila Elon Musk Terwujud, Berhasil Tanam Chip ke Otak Manusia

pada 3 bulan lalu - by

Uzone.id– Sempat diragukan dan ditentang banyak orang, proyek ‘gila’Neuralinkyang dibesutElon Muskmulai membuahkan hasil. 

Kabar terbaru menyebut kalauNeuralinksudah sukses menanamkan chip mereka pada otak manusia untuk pertama kalinya. Pencapaian ini diumumkan Musk dalam akun X resmi miliknya pada Selasa, (30/01).

 

 

“Orang pertama mendapatkan implan chip dari Neuralink kemarin dan pulih dengan baik. Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan,” kata Musk lewat akunnya.

Musk memberi nama produk dari proyek pertama Neuralink ini sebagai ‘Telepathy’. Menurut klaim bos X tersebut, produk ini memungkinkan orang-orang untuk mengendalikan perangkat menggunakan otak dan pikiran mereka.

“Memungkinkan kalian untuk mengontrol ponsel atau komputer dan bahkan hampir semua perangkat, hanya dengan berpikir,” tulis Musk.

Orang pertama yang mendapatkan implan chip ini adalah seorang pasien yang kehilangan fungsi anggota tubuh mereka atau mereka yang mengalami kelumpuhan.

“Bayangkan Stephen Hawking bisa berkomunikasi lebih cepat dari juru ketik atau juru lelang, itulah tujuan dari proyek ini,” tambah Musk.

Keberhasilan tim Musk soal proyek chip ini dilakukan 4 bulan setelah Neuralink pertama kali mencarivolunteeruntuk proyek ini. Tepatnya, pada September 2023 lalu, Elon Musk mencarirelawan Neuralinkyang memenuhi syarat.

 

 

Penelitian pertama pada manusia ini disebut PRIME (Precise Robotically Implanted Brain-Computer Interface), dimana mereka membutuhkan seorang penderitaquadriplegiakarena cedera tulang belakang leher atauamyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Tujuan utama dari studi PRIME adalah untuk mengevaluasi keamanan implan dan efektivitas robot bedah serta membuat pasien mengontrol perangkat elektronik dengan pikiran mereka. Penderita kelumpuhan, misalnya, bisa mengendalikan ponselnya hanya dengan membayangkan gerakan tangannya. 

Sebelum menguji coba pada manusia, Neuralink sudah lebih dulu menguji coba pada seekor monyet dan hasilnya, monyet tersebut bisa memainkan sebuah game bernama ‘Pong’ dan mengetik di layar seperti sedang bertelepati.