Puluhan Mobil Taktis Maung Siap Mengaum di TNI

pada 3 tahun lalu - by

Foto: PT Pindad

Uzone.id- Masih ingat mobil taktis buatan PT Pindad, si Maung? Nah, akhirnya mobil ini bisa dipakai sebagai kendaraan operasional Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Puluhan unit, tepatnya 40 unit Maung telah diserahkan langsung Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto kepada Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa pada Rapat Pimpinan (Rapim) Kementerian Pertahanan pada Rabu, 13 Januari 2021 di Kemhan, Jakarta.

Kemhan sendiri, secara total memesan sebanyak 500 unit Maung kepada PT Pindad, yang akan diselesaikan secara bertahap.

Baca juga: Alasan Apple Car Belum Akan Terealisasi di 2028

"Terimakasih atas kepercayaan Kemhan terhadap Pindad, Kami bangga pada hari ini dilakukan acara penyerahan simbolis Maung dari Menteri Pertahanan kepada KASAD untuk mendukung tugas pokok TNI," ujar Direktur Utama Abraham Mose dalam keterangan resminya.

Spesifikasi teknis Maung yang disampaikan oleh Pindad, Maung versi militer dilengkapi dudukan persenjataan kaliber 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS, tracker kendaraan, dan perlengkapan lainnya.

Pindad menawarkan empat trim Maung. Tiga trim di antaranya kabin ganda, kendaraan logistik dan mobil khusus kombatan jarak dekat seperti yang dipesan Kemenhan.

Abraham mengatakan, tiga varian tersebut masih diuji, dan Pindad baru melepas satu trim sesuai pesanan Kemenhan.

"Ini standar. Mesinnya kalau datang ke Astra, jadi buka kap mesin bisa langsung ke komputernya. Ya sesuai standar perawatan mereka," kata Abraham.

Maung memiliki kemampuan melahap medan yang sulit atau di luar jalanan aspal. Maung menggendong mesin diesel turbo 2.494cc milik Toyota Hilux berpenggerak 4x4 dengan transmisi manual 6-percepatan. Selain itu, maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam.

Untuk penjualan Maung ke sipil, kata Abraham, nantinya bisa melalui anak perusahaan atau Pindad secara langsung. Oleh sebab itu, konsumen Maung nantinya jangan khawatir soal perawatan karena bisa mengandalkan bengkel resmi Toyota.

Berikut spesifikasi mesin diesel Toyota Hilux:

Tipe Mesin : 2KD-FTV, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC 1TR-FE, 4 Cylinders, In Line 16-valve DOHC Dual VVT-i

Isi silinder : 2.494 cc

Diameter x Langkah : 92,0 x 93,8

Daya Maksimum : 144 Ps / 3.400 rpm

Torsi Maksimum : 35 Kgm / 1.600-2.800 rpm

Asupan Bahan Bakar : Fuel Injection w/ Common Rail Fuel Injection

VIDEO Diskon Pajak Mobil Baru & Jeritan Pedagang Mobil Bekas: