Qualcomm Rilis Snapdragon X Elite, CPU Laptop Saingannya Apple M2

pada 7 bulan lalu - by

Hawaii, Amerika Serikat, Uzone.id -Snapdragon 8 Gen 3 bukan satu-satunyasystem on chip(SoC) yang dibanggakan Qualcomm pada gelaran Snapdragon Summit 2023, ada juga Snapdragon X Elite. Ini adalahrebrandingdari prosesor komputer Snapdragon 8cx, sekaligus jadichipsetpertama Qualcomm yang menggunakan teknologi Oryon CPU.

Buat yang belum tau, Oryon CPU dirancang oleh Nuvia, perusahaan yang diakuisisi oleh Qualcomm pada 2021 silam.Nuvia adalah perusahaan yang dibangun oleh Gerard Williams, sosok di balik pengembangan prosesor A Series dan M Series dari Apple Silicon. 

Snapdragon X Elite memberikan efisiensi dan kinerja yang lebih baik dari Snapdragon 8cx, bahkan dari beberapa chip generasi terbaru, seperti Intel Core generasi ke-13, AMD, hingga Apple M2.

“Kami ingin mendefinisikan ulangexperiencedari komputer. PC bukan lagi sekadar perangkat untuk bekerja,entertainment, tapi digunakan sebagai alat komunikasi juga,” jelas Cristiano Amon, President and CEO of Qualcomm, di Snapdragon Summit 2023.

 

 

Cristiano Amon, President and CEO of Qualcomm

Masih sama denganplatformsebelumnya, Snapdragon X Elite tetap berbasis ARM. Prosesor ini dibuat dengan arsitektur 4nm, terdiri dari 12-coreOryon CPU denganclock-speedmencapai 3,8 GHz, dimana padasingledandual-corekecepatannya bisa ditingkatkan menjadi 4,3 GHz.

Di sisi kartu grafis atau GPU, Adreno disematkan dengan kemampuan pemrosesan hingga 4,6 TFLOPs (trillion floating-point per second) dan sudah mendukung API DirectX 12. 

kalau kalian bertanya soal kebolehannya, laptop dengan Snapdragon X Elite bisa disambungkan secaraseamlesske 3 monitor eksternal sekaligus di resolusi 4K pada 60 FPS.

Buat para kreator konten, mereka juga dapat memanfaatkan teknologi Adreno Video Processing Unit (VPU) yang mendukung encode dan decode 4K @60 FPS 10-bit untuk file H.264, HEVC (H.265) dan AV1.

Artificial intelligence(AI) juga jadi fitur yang diunggulkan pada Snapdragon X Elite. Dibekali Hexagon NPU yang bisa memproses hingga 45tera operations per second(TOPs). Berkat chip ini pula, Snapdragon X Elite menawarkan kemampuanon-device generativeAI yang lebih cepat dan juga aman.

Spesifikasi lainnya, Snapdragon X Elite mendukung RAM LPDDR5x dan memori penyimpanan SSD PCIe Gen4 atau UFS 4.0, sehingga sangat cocok untuk laptop tipis maupunultrabook

 

 

Kemudian, prosesor ini dibenamkan modem Snapdragon X65 5G, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi langsung via laptop menggunakan koneksi selular. Terdapat juga teknologi FastConnect 7800, memberikan fitur WiFi 7 dan Bluetooth 5.4 pada perangkat berbasis Snapdragon X Elite.

Sepertismartphone, Snapdragon X Elite disematkanimage signal processor(ISP) Qualcomm Spectra yang mendukung sepasangwebcamberesolusi 36 MP dengan perekaman 4K HDR.

Beberapa brand laptop dipastikan menggunakan Snapdragon X Elite saat meluncurkan produk barunya di tahun depan, seperti Lenovo dan HP.