Rahasia Pikap Mitsubishi L300 Lolos dari Kepunahan
Uzone.id-Siapa yang tidak kenal pikap legend yang satu ini, Mitsubishi L300. Seiring perkembangan zaman dan teknologi mobil yang pesat, mobil niaga ringan yang satu ini ajaibnya masih bisa eksis dan tetap diminati sampai sekarang.
Dibalik tampilannya yang berkesan begitu-begitu saja, ternyata Mitsubishi tetap melakukan sejumlah penyempurnaan pada pikap ini agar terhindar dari kepunahan, salah satunyan dengan membenamkan mesin baru yang sudah berstandar Euro 4.
Salah satu rahasia L300 terus mendominasi pasar dan memiliki imej positif yang sangat kuat di mata masyarakat adalah karena fungsionalitasnya yang dimanfaatkan oleh konsumen untuk melakukan usaha atau bisnis.
L300 yang saat ini dijual adalah sebuah generasi terbaru dari model “Super” pick-up legendaris di Indonesia yang telah dikenal dan menjadi andalan bisnis konsumen Indonesia untuk beberapa generasi sejak tahun 1981.
Mitsubishi New Colt L300 dilengkapi mesin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 - DOHC 4 Cylinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger, yang menghasilkan tenaga 99,25 Ps/ 3.500 RPM dan torsi 200 Nm/ 1.000-3.500 RPM, meingkat sekitar 40 persen dari model sebelumnya.
Mitsubishi New Colt L300 kini juga hadir dengan ukuran kargo 8 persen lebih luas, atau lebih panjang 200 mm menjadi 2.630 mm.
Fitur unggulan dan kenyamanan pada sisi interior NEW Colt L300 terdapat pada kabin yang luas dan lega; desain speedometer baru, dan juga pegangan pintu baru, serta posisi speaker yang baru.
Varian baru ini juga hadir dengan dua pilihan yakni, Pick-up Flat Deck, dan Cab Chassis, yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kesesuaian dan kebutuhan bisnis konsumen.
Banyak konsumen yang mengakui keunggulan tersebut seperti bak yang lebih besar sehingga bisa memuat banyak barang.
“Saya memilih New L300 karena tenaganya makin oke sudah dengan turbo. Saya mengetahui L300 baru Euro 4 dari teman dan iklan-iklan di media sosial mulai sekitar satu bulan lalu. Saat ini baru punya satu unit. Sejauh ini kesan pertama yang dirasakan mesinnya lebih bertenaga,” ujar Mardenggan Bagariang salah satu konsumen L300 yang punya bisnis angkutan telor ayam di Pekanbaru.
Dirinya juga merasa mobil ini lebih irit bahan bakardan terkesan dengan muatannya yang sekarang lebih banyak karena bak belakangnya lebih panjang ketimbang sebelumnya.
“Rata-rata per hari mobil saya gunakan 10 kilometer jarak tempuhnya. Saya gunakan untuk mengangkut telor ayam. Operasionalnya biasanya mulai di Pelalwan hingga perjalanan ke Sumatera Barat,” tambahnya.
Kemudian Hadian Martin, juga pengguna L300 yang berbisnis pengangkutan pakan ikan, mengatakan, kalau dirinya sudah lama mengagumi L300 terbaru yang sudah bermesin Euro 4 dan akhirnya bisa membelinya dan sekarang sudah 6 bulan menggunakannya.
“Yang paling membantu pekerjaan adalah sistem elektrik lebih canggih karena filter solarnya terhubung dengan indikator, memudahkan saya mengetahui kondisi mobil,” ujarnya.
Setiap hari dia menggunakan mobilnya minimal 10 kilometer. Dipakai untuk menempuh jarak Pekanbaru- Kampar-Sumatera Barat.
“Tidak ada masalah juga untuk bahan bakar karena mudah didapat. Untuk perawatan juga lebih mudah, hanya lebih perhatian untuk ganti oli,” tambahnya lagi.