Resmi Akuisisi Gojek di Thailand, AirAsia Digital Ingin Percepat Ekspansi ke ASEAN
Ilustrasi. (Foto: Dok: Uzone.id)
Uzone.id - Beberapa waktu lalu, Airasia Group CEO, Tony Fernandes sempat mengatakan dalam akun Instagram resminya bahwa Airasia telah mengakuisisi Gojek di Thailand.
Memang benar, airasia Digital, lini bisnis digital baru dari AirAsia Group, dan Gojek, platform layanan on-demand dan pembayaran asal Indonesia, telah resmi menjalin kemitraan strategis, melalui pengambilalihan operasional Gojek di Thailand oleh airasia Digital.
Dalam pernyataan resmi Airasia Digital, kemitraan ini diharapkan akan mempercepat ekspansi super app airasia di negara ASEAN, sekaligus memperkuat investasi dan fokus pengembangan Gojek di Vietnam dan Singapura.
Sementara itu, Gojek akan mendapatkan kepemilikan saham di super app airasia yang nilai pasar dari aplikasi tersebut diperkirakan sebesar USD 1 miliar.
Kerja sama ini menjadi landasan yang kuat bagi kedua perusahaan mengeksplorasi peluang kolaborasi lainnya di Asia Tenggara sebagai salah satu kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia ini.
Sebagai bagian dari komitmennya untuk Thailand, super app airasia akan melanjutkan penggunaan ekosistem Gojek yang ada untuk para mitra driver, merchant dan pelanggan sekaligus menawarkan layanan baru termasuk di antaranya layanan kebutuhan sehari-hari dan barang kecantikan.
Baca juga: Akuisisi Gojek di Thailand, Tony Fernandes Sebut Pencapaian Besar AirAsia
Tak hanya itu, airasia juga berencana memperluas layanan ke Chiang Mai dan Phuket dalam waktu dekat.
Aplikasi Gojek akan tetap dapat digunakan pelanggan di Bangkok hingga 31 Juli 2021. Hal ini untuk memastikan keberlangsungan bagi mitra driver dan merchant yang akan diajak bergabung ke dalam super app airasia dalam beberapa pekan mendatang.
Airasia akan bekerja sama dengan tim lokal Gojek Thailand, yang akan mengoperasikan bisnis Gojek selama masa transisi sebelum beralih ke super app airasia, membawa keahlian mengenai pasar lokal dan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan di Thailand.
Kemitraan ini sekaligus memperkuat strategi internasional Gojek yang akan meningkatkan investasinya di Vietnam dan Singapura.
Kedua pasar ini akan menjadi sentra pertumbuhan yang kuat untuk bisnis Gojek ke depan, di mana Gojek akan menjalankan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan jumlah mitra driver dan mitra merchant, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta meluncurkan produk dan layanan baru.
Airasia Group CEO, Tony Fernandes, menyampaikan, “Pengumuman ini merupakan awal dari kemitraan strategis jangka panjang yang luar biasa dengan Gojek yang akan menggebrak industri."
Baca juga: PPKM Darurat, Gojek Beri Diskon Rp30 Ribu Antar ke Lokasi Vaksin
“Dengan mengambil alih bisnis Gojek yang sudah mapan di Thailand, kami berharap dapat mempercepat terwujudnya ambisi bisnis kami untuk menjadi super app penantang terdepan di Asean,” imbuh Tony dalam pernyataan resminya beberapa waktu lalu.
Tony menyatakan bahwa pihaknya telah memiliki ekosistem ekonomi digital yang mumpuni. Perusahaan juga telah berhasil meluncurkan lebih dari 15 lini bisnis di luar maskapai penerbangan dan beragam layanan gaya hidup di platform e-commerce digital di Malaysia.
“Sekarang adalah momen yang tepat bagi kami untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya. Menanggapi tingginya permintaan di Asean, kami akan segera menghadirkan penawaran super app kami di seluruh pasar utama kami lainnya, menyusul peluncuran yang sukses di Thailand,” ujar Tony.
Lebih lanjut, ia menyatakan, “Seluruh bisnis digital kami akan terus dikembangkan dan semakin diperkuat. Melalui kemitraan ini, visi kami untuk menjadi super app Asean akan semakin cepat terwujud.”