Review Seagate Game Drive for PS5: Aksesori Wajib untuk Gamer PS5

pada 6 hari lalu - by

Uzone.id -Kapasitas penyimpananPS5lumayan terbatas, cuma 825 GB yang tersisa sekitar 667 GB saja yang bisa dipakai gamer untuk menyimpan game-game favoritnya. Bila asumsinya besaran file game sekitar 50 GB, paling cuma muat 12-13 game doang di PS5.

Mungkin jumlahnya lebih sedikit bila salah satu game yang sudah terpasang punya DLC dengan ukuran yang besar juga. 

Daripada harus hapus game dengan file save data-nya, baiknya menyimpan lebih banyak game pada memori eksternal, salah satunya adalah HDDSeagate Game Drive for PS5yang punya kapasitas sampai 5 TB. 

Kami berkesempatan untuk menjajal langsung hard drive teranyar dari Seagate ini, berikut review lengkap Game Drive for PS5.

 

 

Bentuknya mirip PS5, tapi Mini

Mentang-mentang jadi aksesoris buat PS5, desain Seagate Game Drive ini dibuat agar senada dengan konsol dari Sony tersebut. Warna hard drive ini dominan putih, dengan sedikit kelir hitam di bagian bawahnya. 

Lalu, ada logo PlayStation kecil di sudut kiri atas pada bagian depan yang disandingkan dengan logo Seagate di pojok kanan bawah. Asli deh, kalau posisinya diberdirikan, bentuk hard drive ini mirip PS5 tapi dengan bentuk yang lebih mungil saja. 

Di tepian permukaan bawah, Seagate juga menyematkan strip LED berwarna biru yang menjadi indikator ketika HDD eksternal ini sedang bekerja. Kalian tak bisa mengubah tampilan warnanya, namun warna ini tetap memberikan kesan berbeda dan ‘gaming banget’. 

Seagate Game Drive for PS5 dilengkapi port Micro USB agar dapat terhubung ke PS5 dan PS4. HDD ini juga bisa dijadikan penyimpanan eksternal yang terhubung ke PC atau Xbox, tapi perlu diformat ulang terlebih dahulu. 

Tepat pada bagian atas, ada indikator LED yang akan menyala ketika HDD terhubung ke konsol, dan berkedip saat proses transfer data (writeataupunread) berlangsung. 

Perlu ingat dua catatan ini

Ada dua hal yang perlu kalian ingat sebelum membeli Seagate Game Drive for PS5. Pertama, hard drive ini memang sudah memiliki lisensi dari PlayStation, jadi aman untuk menambah kapasitas memori konsol kesayangan kalian. 

Akan tetapi, perangkat ini tidak dapat digunakan untuk main game PS5 secara langsung. Kalian tetap harus menyalinkan kembali ke SSD PS5 sebelum dapat memainkannya. 

‘PR’ lagi memang karena proses transfer data ini dapat memakan waktu - tergantung pada ukuran gamenya. Tapi lebih baik lah ketimbang harus download ulang? 

Dan kedua, performawritedanread speedSeagate Game Drive for PS5 ini jelas lebih rendah dari penyimpanan internal PS5. Secara, ini adalah hard disk drive yang performanya lebih lambat ketimbang penyimpanan SSD pada PS5 atau SSD eksternal sekalipun. 

Dari pengujian kami secara langsung dan benchmark via CrystalDiskMark, kecepatan transfer datanya standar-standar saja. Tidak cepat, namun tidak terlalu lambat juga. Cuma memang harus lebih sabar saja bila game yang dipindahkan berukuran besar, 100 GB misalnya.

Untuk file game berukuran 100 GB, butuh waktu sekitar 11 sampai 13 menit. Pada benchmark,read speed-nya mencapai 150.20 MB/s, sedangkanwrite speedmencapai 147.79 MB/s. 

Kesimpulan

Performanya memang tak terlalu impresif, biasa saja. Tapi, justru kami sangat terbantu oleh besarnya ruang penyimpanan pada Seagate Game Drive for PS5 yang mencapai 5 TB.

Kalian sebagai gamer dapat menyimpan lebih banyak game berukuran besar sekaligus DLC-nya di perangkat terpisah. Gak lagi repot-repot hapus game agar bisa memainkan game incaran di PS5. Gak usah juga harus ribet download ulang game yang sebelumnya dihapus, bila ingin memainkannya kembali. 

Kalaupun bukan sebagai media penyimpanan game PS5, Seagate Game Drive for PS5 ini juga bisa dimanfaatkan sebagai HDD eksternal biasa untuk menyimpan file-file penting berukuran besar dari PC kalian. Asalkan, hard drive ini perlu diformat ulang dan diatur tipe penyimpanannya menjadi New Technology File System (NTFS).

Oiya, soal harga, Seagate Game Drive for PS5 ini tersedia dalam dua opsi kapasitas penyimpanan, 2 TB yang dijual Rp1.999.000 dan 5 TB (unit yang kami review) yang dibanderol Rp3.599.000.