RIP Emulator Android Bawaan di Windows 11, Bakal Dihapus Tahun Depan

pada 2 bulan lalu - by

Uzone.id -Microsofttiba-tiba menghentikan dukungan untuk Windows Subsystem for Android. Bagi kalian yang belum tahu, Windows Subsystem for Android semacam emulator bawaan yang memungkinkan pengguna Windows 11 untuk menjalankan aplikasi atau game Android di PC maupun laptop.

Microsoft sebelumnya berjanji untuk meningkatkan fitur ini. Sebab, dukungan terhadap aplikasi maupun game Android ini hanya terbatas pada aplikasi yang tersedia di Amazon Appstore.

“Microsoft mengakhiri dukungan untuk Windows Subsystem forAndroid(WSA). Akibatnya, Amazon Appstore di Windows dan semua aplikasi serta game yang bergantung pada WSA tidak lagi didukung mulai tanggal 5 Maret 2025,” tulis Microsoft dalam blog resminya.

Dalam keterangannya, Microsoft menjelaskan bahwa pengguna yang sudah menginstall aplikasi atau game Android sebelum 5 Maret 2024, tetap bisa menjalankan aplikasinya di perangkatWindows 11mereka.

Namun jika lewat dari batas waktu yang ditentukan, maka fitur Windows Subsystem for Android sudah tidak bisa diakses lagi.

“Hingga saat itu, dukungan teknis akan tetap tersedia bagi pelanggan. Pelanggan yang telah menginstal aplikasi Amazon Appstore atau Android sebelum 5 Maret 2024, akan terus memiliki akses ke aplikasi tersebut hingga tanggal penghentian 5 Maret 2025,” tulus Microsoft.

Microsoft tidak menjelaskan mengapa mereka menghentikan dukungan terhadap Windows Subsystem for Android di Windows 11. 

Pendapat kami, mungkin saja tidak banyak yang memanfaatkan fitur ini, lantaran aplikasi dan game Android kebanyakan perlu input sentuhan pada layar. Sementara platform Windows sejauh ini, lebih maksimal bila menggunakan tetikus atau mouse.

Mungkin juga, Microsoft lebih fokus mengembangkan fitur Phone Link. Seperti dikutip dariphoneArena, fitur ini memungkinkan penggunanya menghubungkan layarsmartphoneke perangkat Windows secarawireless.