Roof Rail Hyundai Stargazer X Gak Bisa Terima Beban?

pada 8 bulan lalu - by

Yogyakarta, Uzone.id- Hyundai Stargazer X menjadi produk Low SUV yang ditingkatkan dari Low MPV, mendapatkan beberapa ubahan baik secara struktur maupun tampilannya. Salah satu yang berubah ada pada atapnya yang kini memiliki roof rail.

Namun pada roof rail tersebut terdapat peringatan do not apply pressure. Lantas apa arti dari peringatan tersebut?

Bonar Pakpahan selaku Product Expert PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menjelaskan roof rail pada Stargazer X merupakan garnish untuk mempercantik tampilan. Selain itu roof rail ini juga menjadi pelengkap tampilan dari sebuah SUV.

"Terkait dengan roof rail yang ada di Stargazer X ada tulisan do not apply load itu hanya untuk garnish mempercantik keseluruhan jadi tidak dirancang untuk menerima beban," ujar Bonar kepada awak media di Yogyakarta, Selasa (29/8).

Bonar sendiri mengatakan jika pemilik Hyundai Stargazer X ingin menempatkan beban pada atap atau memasang roof rail, harus melepas komponen garnish tersebut.

"Karena garnish tersebut memang dirancang untuk tidak dibeban jadi kalau mau pakai roof rail itu harus dilepas dahulu mekanismenya," ungkap Bonar.

Sebagai tambahan informasi, Hyundai Stargazer X memiliki perbedaan di sisi eksterior dari Stargazer biasa untuk meningkatkan kesan SUV.

Mulai dari bumper depan dan belakang yang berbeda agar tampilannya terlihat lebih sporty. Kemudian komponen pelek juga menggunakan diameter yang lebih besar yakni 17 inci dengan ban 205/50.

Bagian samping Hyundai Stargazer X juga telah mendapatkan over fender dengan bodi plastik kasar yang kerap menjadi khas sebuah mobil SUV.

Kemudian pada bagian belakang juga telah dilengkapi spoiler yang menambah kesan sporty dari SUV 7-penumpang tersebut.

Sebagai tambahan informasi, Hyundai Stargazer X ditenagai oleh mesin Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC yang menghasilkan tenaga dan torsi maksimum masing-masing 115 ps di 6.300 rpm dan 143,8 Nm 4.500 rpm untuk performa mesin yang responsif.

Performa Stargazer X juga didukung oleh Intelligent Variable Transmission (IVT). Transmisi ini dapat meningkatkan efisiensi mesin agar penggunaan bahan bakar lebih efisien.

Mengenai harganya, Hyundai Stargazer X ditawarkan termurah di varian Style seharga Rp325,6 jutaan untuk on the road DKI Jakarta. Sementara varian tertingginya yakni Prime dijual mulai Rp336,2 jutaan untuk on the road DKI Jakarta.