SaatnyaMove Ondari Windows 7 dan 8, Bakal 'Mati' Seminggu Lagi

pada 1 tahun lalu - by

Uzone.id -  Kalian masih jadi pengguna setia Windows 7 atau Windows 8? Sebaiknya cepetanupgradeOS perangkat kalian. Pada 10 Januari 2023 nanti, Microsoft akan menghentikan dukungan apapun untuk dua OS lawas ini, termasukupdatekeamanan.

Pengguna memang masih diizinkan atau tetap bisa menggunakan sistem operasi ini di perangkat mereka. Namun, pengguna tetap disarankan untuk segeraupgrade, karena tak akan ada lagiupdatekeamanan, dukungan teknis, apalagi pembaruan versi OS untuk kedua sistem operasi jadul tersebut.

Bukan cuma dukungan buat OS saja, Microsoft juga menghentikan aplikasi bawaan sepertibrowserEdge untuk Windows 7 dan Windows 8 mulai 12 Januari mendatang. Dikutip dariThe Verge, Microsoft Edge 109 jadi versi terakhir yang diberikan, dan ke depannya tidak lagi mendapatkan pembaruan.

Bahkan bukan cuma Microsoft saja, Google juga menyetop dukungan buat sistem operasi legendaris itu. Malah waktu penghentiansupportyang diberikan Google terjadi sebentar lagi, tepatnya pada 7 Januari 2023.

Baca juga:Lenovo IdeaPad Duet 5i, Tablet Windows Buat Para Kreator

Ratusan juta perangkat terancam

Walau Microsoft menghentikan dukungan untuk Windows 7 dan Windows 8 di Minggu depan, tapi nyatanya jumlah perangkat yang menjalankan salah satu dari kedua sistem operasi tersebut masih cukup banyak. 

Dari data tahun 2021, sekitar 100 juta perangkat masih menjalankan Windows 7. Kalau tak kunjung melakukanupdatesistem operasi, perangkat tersebut berisiko menghadapi berbagaibugkeamanan atau serangan siber yang tak lagi bisa ditangani oleh sistem keamanan OS.

Bahkan, dari survei yang dilakukanLansweeperterhadap 27 juta perangkat berbasis Windows pada Oktober tahun lalu, ditemukan lebih banyak PC yang masih menjalankan Windows XP, 7, atau 8, ketimbang jumlah yang sudah menjalankan Windows 11.

Microsoft sebenarnya sudah beberapa kali menghentikan dukungan untuk Windows 7. Awalnya pada Januari 2015, kemudian diperpanjang sampai Januari 2020. Tapi lagi-lagi diperpanjang karena penggunanya masih banyak.

Baca juga:Main Game Android di PC Windows Gak Perlu Emulator Lagi

Saking banyaknya pengguna yang masih menggunakan Windows 7, Microsoft sampai memberlakukan biaya tambahan kepada pengguna untuk tetap mendapatkanpatchkeamanan selama 3 tahun ke depan.

Nah, kalau kalian masih menggunakan perangkat berbasis Windows 7 atau Windows 8, sebaiknyaupdateOS kalian ke Windows 10 atau Windows 11. Jikapun perangkat tidak memungkinkan spesifikasinya, Microsoft merekomendasikan untuk mengganti perangkat ke yang lebih baru sebelum 10 Januari 2023 untuk menghindari potensi masalah keamanan.