Samsung Diam-diam Kembangkan Sensor Kamera 600MP?

pada 3 tahun lalu - by

Ilustrasi (Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id-- Perusahaan teknologi Samsung tak hanya dikenal sebagai produsen ponsel pintar dan produksmart home, tetapi juga lensa kamera sendiri. Rencana terbaru yang sedang santer terdengar ini cukup mencengangkan.

Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini dikabarkan sedang mengembangkan sensor kamera yang mencapai 600MP.

Hal ini berawal dari Executive VP Samsung divisi Sensor Business Samsung Unit, Yongin Park, pada awal tahun 2020 ini ia mengatakan kalau keinginan perusahaan untuk membuat sensor kamera yang dapat melampaui kemampuan mata manusia.

Banyak yang meyakini selama ini kalau sensor mata manusia berada di kisaran 576MP.

Baca juga:Beginikah Tampilan Samsung Galaxy Buds Pro?

MengutipPhoneArena, Park sendiri mengatakan kalau meningkatkan sensor megapixel tidak semudah yang dibayangkan. Menambah pixel terlalu banyak di sebuah sensor, menurut Park, membutuhkan peningkatan ukuran dan mengurangi ukuran tiap pixel bisa membuat hasil gambar menjadi kurang bagus, bahkan blur.

Rumor pengembangan sensor 600MP ini kemudian diperkuat dengan cuitan pemerhati teknologi Ice Universe yang kerap membocorkan seputar isu teknologi.

Samsung benar-benar sedang mengerjakan sensor 600MP!” cuit pemilik akun Twitter @UniverseIce, sembari mengunggah konsep sensor kamera yang menggunakan lensa ISOCELL.

Yang jelas, hal menariknya, apabila ponsel Samsung mengusung kamera 600MP, maka bisa jadi ukuran lensa kamera memiliki ketebalan mencapai 22mm, serta dapat merekam video 4K dan 8K dengan kemampuan zooming yang lebih beragam.

Baca juga:Review Galaxy A21s: Ponsel Rp3 Juta dengan Memori Besar

Sebagai perbandingan, Galaxy Note 20 saja yang sering dibilang memiliki kamera terlampau besar dan tebal itu mengusung ketebalan 8,3mm di bagian lensanya. Jadi tampaknya ketebalan 22mm itu memang akan sangat menonjol.

Meski banyak yang mempercayai kalau besarnya megapixel tidak selalu menjamin hasil foto yang bagus, Samsung pernah mengatakan kalau resolusi sensor yang semakin tinggi dapat mendukung fungsi lain di luar fotografi melalui ponsel pintar. Samsung menyebut fungsi deteksi penyakit berbahaya, hingga peningkatanquality controldi industri seperti agrikultur.

Tentunya membutuhkan waktu untuk benar-benar dapat mewujudkan sensor sebesar 600MP dapat dikomersialkan. Tampaknya konsumen masih harus melalui tren sensor kamera 150MP dan 250MP terlebih dahulu.