Samsung Galaxy S23 FE Lolos TKDN, Segera Meluncur di Indonesia

pada 7 bulan lalu - by

Uzone.id -Setelah dinanti berbulan-bulan, akhirnya bisa dipastikan Samsung Galaxy S23 FE akan meluncur sebentar lagi secara global, tak terkecuali di Indonesia. 

Kepastian ini didapat setelah suksesor Samsung Galaxy S21 FE itu telah mengantongi dua syarat utama sebelum sebuah perangkat dipasarkan di Indonesia.Smartphonedengan nomor model SM-S711B itu muncul dalam database TKDN dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan e-Sertifikasi Postel SDPPI Kementerian Kominfo.

Di situs TKDN, Samsung Galaxy S23 FE memiliki nilai TKDN sebesar 37,50 persen dan mengusung spesifikasi dengan dukungan jaringan 5G di Indonesia. Sementara di situs e-Sertifikasi Postel,smartphonetersebut mendapatkan izin dari Kementerian Kominfo pada 11 September 2023 lalu.

Sudah lama nasib ponsel Fan Edition tersebut ‘gantung’, lantaran tak kunjung diluncurkan juga oleh Samsung. Padahal,smartphonetersebut dinantikan kehadirannya, terutama bagi konsumen yang inginsmartphonedengan kinerja luar biasa dan dibanderol dengan harga terjangkau. 

 

 

Kemunculannya di situs sertifikasi China, TENAA, kemudian kelihatan di situs TKDN dan e-Sertifikasi Postel, semakin menguatkan bahwa peluncuran Samsung Galaxy S23 FE secara global akan terjadi tak lama lagi.

Bocoran spesifikasi Samsung Galaxy S23 FE

Dari berbagai bocoran yang bermunculan, Samsung Galaxy S23 FE menampilkan layar seluas 6,4 inci dan sudah beresolusi Full HD+. Tampilannya akan mirip-mirip Galaxy A54, meski punya bezel yang jauh lebih tipis.

Layarnya sudah mendukungrefresh rate120Hz, HDR10+, kedalaman 16 miliar warna, sampai teknologifingerprintdi bawah layar. 

Kabarnya, bakal ada dua tipe chipset yang diberikan Samsung untuk ponsel ini, yakni Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200. Ketersediaannya tergantung negara dimana ponsel ini dijual. 

Prosesor yang masih terhitung mumpuni itu dipadukan dengan RAM 8 GB, memori internal 128 GB atau 256 GB, dan baterai dengan kapasitas 4.370 mAh yang didukungfast charging25W. Sistem operasinya sudah yang terbaru, One UI 5.1 berbasis Android 13, yang besar kemungkinan mendapatkan pembaruan ke Android 14.

Samsung Galaxy S23 FE punya tiga kamera belakang dengan desain yang mirip seperti Samsung Galaxy S23. Ketiga kamera ini diletakkan sejajar secara vertikal dan tanpa frame. 

 

 

Konfigurasinya ada kamera utama 50 MP, kamera telephoto 8 MP dengan 3xoptical-zoom, serta kameraultrawide12 MP. Di depan, hanya tersimpan kamera selfie 10 MP saja.

Fitur lainnya, ponsel ini sudah mendukung 5G, dual-SIM, WiFi 6E, Bluetooth 5.3, NFC, sampai port USB-C denganfast charging.

Kabarnya, Samsung Galaxy S23 FE akan tersedia dalam beberapa opsi warna yang cocok buat anak-anak muda, yakni Graphite, White, Lime, dan Lilac Purple. Soal harga, rumor menyebut Samsung akan memasarkan Galaxy S23 FE di harga Rp10,1 jutaan.