Samsung Galaxy Z Fold5: Bocoran Desain, Spek dan Prediksi Harga

pada 10 bulan lalu - by

Uzone.id -Serismartphonelipat Samsung sudah masuk ke generasi kelima saja. Di tahun ini, Samsung bakal meluncurkansmartphonelipat canggih mereka, Samsung Galaxy Z Fold5 dalam gelaran Galaxy Unpacked 2023 pada akhir Juli mendatang.

Samsung memang jadi perusahaan yang benar-benar serius menggarap segmensmartphonelipat. Perusahaan asal Korea Selatan ini rutin menghadirkan inovasi di kelas baru dalam industri perponselan ini.

Bukan cuma perangkatnya saja, Samsung juga kerap memamerkan rangkaian teknologi layar fleksibel yang diharapkan bakal diadopsi di masa mendatang.

Nah, pada Galaxy Unpacked 2023 nanti, Samsung akan membawa Galaxy Z Fold5 yang diprediksi jadi salah satusmartphonepaling canggih dan (tentu saja) termahal di tahun ini.

 

 

Desain luar sama, jeroan berbeda

Don't judge a book by its cover”, ungkapan yang pas buat Samsung Galaxy Z Fold5. Dari bocoran yang beredar,smartphonelipat ini masih mengusung desain yang persis sama dengan Galaxy Z Fold4.

Malah, kalau keduanya disandingkan, pengguna bakalan susah menebak mana Galaxy Z Fold5 dan mana Galaxy Z Fold4. Baik layar luar dan dalam masih sama ukurannya, yakni 6,2 inci dan 7,6 inci.

Dari bocoran yang beredar, panel yang digunakan pun tetap Foldable Dynamic AMOLED 2X yang sudah mendukungrefresh rate120Hz, mengantongi sertifikasi HDR10+, punya resolusi tinggi, dan intensitas layar yang lebih terang. Terus, apaupgrade-nya?

Ketimbang desain, Samsung lebih fokus padabuild qualityGalaxy Z Fold5.Smartphoneini mengusung engsel yang telah ditingkatkan, bahkan menjadi salah satu peningkatan terbesar yang disematkan.

Samsung mengadopsi engselteardrop, rancangan engsel baru yang lebih inovatif dari sebelumnya. Kalau seri Fold tahun-tahun lalu membuat layar ponsel tak bisa dilipat sepenuhnya - ada celah antara layar saat dilipat, denganteardrop hinge, kekurangan tersebut tak lagi terjadi.

Berkat engsel yang baru, layar dalam Samsung Galaxy Z Fold5 bisa dilipat sepenuhnya dan tidak meninggalkan celah. Selain itu, kerutan pada tengah layar juga bisa diminimalisir, memberikan pengalaman visual yang lebih baik buat pengguna.

 

 

Penggunaan engsel yang baru juga bikin Samsung Galaxy Z Fold5 lebih tipis dari sebelumnya. Kalau dilipat, ketebalannya kira-kira menjadi 13mm, lebih tipis dari sebelumnya yang mencapai 14,2-15,8 mm.

Demikian juga dengan bobot keseluruhan yang lebih ringan, dari 263 gram menjadi hanya 254 gram saja.

Itu saja? Satu lagi, Samsung Galaxy Z Fold5 kabarnya sudah mengantongi rating IP58 yang berarti gak cuma tahan air saja, tapi juga punya perlindungan ekstra terhadap debu. Lebih baik dari sebelumnya yang cuma IPX8 saja.

Jadi ponsel lipat paling powerful

Seri flagship baru, sudah pasti pakai SoC (system on chip) yang paling baru juga. Sama halnya dengan Samsung Galaxy S23 Series, Galaxy Z Fold5 pun bakal ditenagai prosesor Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Bukan cuma prosesor saja yang ditingkatkan levelnya, komponen RAM dan memori penyimpanannya juga kian canggih. Samsung Galaxy Z Fold5 punya RAM LPDDR5X berkapasitas 12 GB dan ruang penyimpanan berjenis UFS 4.0 mulai dari 256 GB, 512 GB, sampai 1 TB.

Kendati demikian, kapasitas baterainya masih sama 4.400 mAh dengan dukunganfast charging25W. Soalfast chargingini diketahui dari sertifikasi 3C yang beredar beberapa waktu lalu.

Konfigurasi kamera masih sama

Build qualitydapatupgrade, begitu juga dengan dapur pacunya. Bagaimana soal kamera?Well, jangan berharap banyak.

Berdasarkan informasi yang bersumber dari beberapaleaksterkenamaan, Samsung Galaxy Z Fold5 masih mengusung konfigurasi dan hardware kamera yang sama seperti seri sebelumnya.

Itu artinya, ponsel ini tetap menggunakan sensor 50 MP dengan OIS (optical image stabilization) sebagai kamera utama, 10 MP sebagai kameratelephotoyang juga didukung OIS, dan kameraultrawide12 MP.

 

 

Di layar bagian dalam, disematkan kamera 4 MP yang diletakkan di dalam layar aliasunder display camera. Sementara di luar, ada kamera selfie 10 MP.

Lagian, Z Series dari Samsung memang tidak berfokus pada kualitas kamera. Sebab, sektor kamera yang lebih mantap lagi ada pada Galaxy S Series, salah satunya Samsung Galaxy S23 Ultra.

Berjalan di One UI 6 ‘khusus’

Versi final dari Android 14 memang akan digulirkan tahun ini. Tapi besar kemungkinan Samsung Galaxy Z Fold5 tidak akan langsung berjalan di sistem operasi yang baru, terlebih butuh beberapa penyesuaian yang berbeda dari ponselmainstreamlainnya.

Samsung perlu memberikan penyesuaian pada UI dan UX khusus layar lipat. Dan mungkin ponsel ini akan berjalan sementara pada One UI 5 berbasis Android 13 terlebih dahulu.

Kendati demikian, Samsung Galaxy Z Fold5 bakal berjalan di OS One UI versi 6 yang terbaru dan sudah dibuat khusus untuk ponsel lipat. Dan asal tau saja, OS ini sudah berbasiskan Android 14 yang lebih baru, tampilan lebih fresh, dan sistem keamanan berlapis yang lebih baik.

Perkiraan harga

Diluncurkan pada akhir Juli, mungkin Samsung akan menjual perdana ponsel ini pada 11 Agustus 2023 mendatang. Dan seperti dikutip dariTom’s Guide, harga Samsung Galaxy Z Fold5 boleh jadi akan sama dengan seri sebelumnya.

Ponsel ini dibanderol dengan harga mulai dari USD1.799 atau setara dengan Rp27 jutaan. Tentunya, Samsung akan menyertakan beberapa promo, seperti tukar tambah,bundlingkhusus, dan lainnya untuk membantu menurunkan harga ini.