Seller Merapat, Biaya Layanan Tokopedia Naik Mulai Awal Mei

pada 8 bulan lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id– Tokopedia akan memberlakukan biaya layanan terbaru mulai 1 Mei 2024 mendatang untuk seller-seller di platformnya. Perubahan biaya layanan ini juga bersamaan dengan perubahan keanggotaan seller dari Reguler Merchant menjadi Power Merchant.

“Mulai tanggal 1 Mei 2024, khusus untuk Seller Regular Merchant akan menjadi Seller Power Merchant dan dapat menikmati lebih banyak keuntungan akses fitur secara bertahap,” tulis Tokopedia dalam laman resminya.

 

 

Besaran biaya layanan ini akan berubah mulai dari 2 persen hingga 6,5 persen menyesuaikan dengan kategori produk yang dijual. Misalnya, untuk kategori A akan dikenakan biaya 6,5 persen dan kategori E akan dikenakan biaya layanan 2 persen.

“Biaya layanan akan dihitung berdasarkan kategori produk yang terjual. Pastikan kamu mengetahui produkmu masuk ke kategori yang sesuai,” tambah Tokopedia.

Berikut rinciannya:

  • Produk kategori Grup A dikenakan biaya layanan 6,5 persen per produk yang terjual
  • Produk kategori Grup B dikenakan biaya layanan 5,5 persen per produk yang terjual
  • Produk kategori Grup C dikenakan biaya layanan 4,5 persen per produk yang terjual
  • Produk kategori Grup D dikenakan biaya layanan 3,1 persen per produk yang terjual
  • Produk kategori Grup E dikenakan biaya layanan 2,0 persen per produk yang terjual

Nah untuk mengetahui kategori-kategori dari produk yang kalian jual, kalian bisa membuka situs Pusat Edukasi Seller Tokopedia atau bisa mengkliktautan yang satu ini.

 

 

Pengecekan biaya layanan yang diterapkan oleh Tokopedia bisa dicek oleh seller di halaman Tambah dan Edit. Pada bagian Kategori Produk, masukkan Kategori Produk kalian, setelah itu, keterangan biaya layanan per produk.

Biaya yang dikenakan oleh Seller juga bisa dicek saat pesanan selesai dengan melihat detail biaya layanan yang dikenakan pada masing-masing produk per transaksi di halaman Saldo Penghasilan.