Serba Upgrade di Xiaomi 14T Pro: Dimensity 9300+ dan Leica Summilux

pada 10 jam lalu - by
Advertising
Advertising

Uzone.id -T Series model Pro dari Xiaomi akhirnyacomebacklagi ke Indonesia. Skip dua generasi, Xiaomi Indonesia meluncurkan lagi model tertinggi dari T Series ini ke pasaran tanah air lewatXiaomi 14T Pro.

Excited, tentu saja. Bagaimana tidak, terakhir Xiaomi membawa model tertinggi dari T Series-nya saat Xiaomi 11T Pro meluncur pada 2021 silam. Dan saat mereka membawa 12T serta 13T, hanya model regular saja yang diboyong ke tanah air.

Kesan pertama saat kami membuka boks, kemudian menggenggam langsungXiaomi 14T Proadalah “Ini beneran Xiaomi yang bikin?” 

Jauh deh desainnya ketimbang Xiaomi 13T. Ponsel ini lebih terlihat premium dan kerasa mahalnya dibanding generasi sebelumnya. Xiaomi hadirkan dua opsi warna dari Xiaomi 14T Pro, yakni Titan Gray dan Titan Black. 

Adapun, unit Xiaomi 14T Pro yang kami gunakan mengusung warna Titan Gray. Sadar atau tidak, warna ini sangat mirip dengan kelir Desert Titanium milik iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max. Bedanya, warna Xiaomi 14T Pro lebih sedikitglossydan mudah tertempel jejak sidik jari, meski teksturnya dibuatmatte.

Gak apa-apa juga terinspirasi dari warna iPhone 16 Pro,tohbanyak kok yang terinspirasi dari perangkat-perangkat Apple, ya kan? Positifnya, warna ini seolah ‘mengangkat’ kelas Xiaomi 14T Pro jadi seperti ponsel premium. Itulah kenapa kami menyebut ponsel ini berasa mahal.

Bukan cuma warnasihyang mungkin terinspirasi dari iPhone terbaru. Letak dan bentuk kamera (apalagi dari samping) mirip juga dengan iPhone generasi anyar, misalnya iPhone 15 Pro Max. 

Ada detail menarik dari desain Xiaomi 14T Pro. Pada tombol Power, Xiaomi sengaja membuatnya bertekstur kasar, hal ini pula yang bikin desain keseluruhansmartphonekelihatan lebih berkelas dibanding model-model T Series yang terdahulu.

Ke bagian depan, Xiaomi 14T Pro usung layar datar denganbezelyang simetris. Layar AMOLED yang disebut ‘CrystalRes’ oleh Xiaomi itu punya bentangan 6,67 inci dengan resolusi 1,5K.Refresh rate-nya tembus 144Hz dan punya tingkat kecerahan sampai 4.000 nits padapeak mode.

Dukungan fitur layar lainnya lengkap, ada HDR10+ yang bisa kalian manfaatkan untuk streaming YouTube beresolusi tinggi, Dolby Vision, DCI-P3, PWM Dimming hingga 3840Hz, sampai serangkaian perlindungan mata sepertiflicker freedan filterlow blue light.

Layarnya yang oke, dipadukan dengan kemampuan audionya yang lumayan bagus. Speaker-nya stereo yang mengantongi sertifikasi Hi-Res Audio dan Hi-Res Audio Wireless, serta didukung Dolby Atmos.

Dari desain ini, kurangnya cuma satu. Xiaomi 14T Pro terasabulkybuat kami, apalagi kalau dipasangkan dengansoftcasebawaan. Bodinya setebal 8,39 mm dengan bobot 209 gram. Kendati begitu, Xiaomi 14T sudah mengantongi rating IP68 tahan air sedalam 1,5 meter selama 30 menit dan terpaan debu.

Ditenagai MediaTek Dimensity 9300+

Jujur, entah apa yang dipikirkan Xiaomi, kok bisa 14T Pro ditenagai dapur pacu yang setara dengan Xiaomi 14. Info saja, Xiaomi 14 ditopang oleh Snapdragon 8 Gen 3, sementara Xiaomi 14T Pro ditenagai MediaTek Dimensity 9300+.

Beda dengan Snapdragon 8 Gen 3, MediaTek Dimensity 9300+ seluruhnya mengusung CPU Big-core, terdiri dari 1xprime-coreCortex X4 pada kecepatan 3,4 GHz, 3xperformance-coreCortex X4 pada kecepatan 2,85 GHz, dan 4xperformance-coreCortex A720 denganclock-speed2 GHz. 

Dariprime-coresaja lebih cepat 0,1 GHz dari Snapdragon 8 Gen 3, meski padaperformance-coremasih agak lebih rendah. Berikut perbandingannya:

 

MediaTek Dimensity 9300+

Snapdragon 8 Gen 3

CPU Prime

1x Cortex-X4 @ 3.4GHz

1x Cortex-X4 @ 3.3GHz

CPU Big

3x Cortex-X4 @ 2.85GHz + 4x Cortex-A720 @ 2.0GHz

3x Cortex-A720 @ 3.2GHz + 2x A720 @ 3.0Ghz

CPU Litte

-

2x Cortex-A520 @ 2.3Ghz

Prosesor kencang ini disandingkan dengan RAM LPDDR5X sebesar 12 GB, memori penyimpanan 256 GB atau 512 GB, serta baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Nah, baterai ini mendukungfast charging120W yang dukungpower deliveryserta 50Wwireless charging.

Xiaomi 14T Pro berjalan di HyperOS berbasis Android 14. Xiaomi pastikan mendapatkan jaminan sampai 4 kali upgrade OS dan 5 tahun patch security.

Bawa kamera Leica

Xiaomi 14T Pro punya tiga kamera belakang. Komposisinya terdiri dari kamera utama 50 MP dengan sensor Light Fusion 900, dimanafocal length-nya setara dengan lensa 23mm dan sudah dukungoptical image stabilization(OIS).

Lalu, ada kameratelephoto50 MP denganfocal lengthsetara 60mm. Berkat dua kamera tadi, kalian bisa melakukan perbesaran gambar dari 1x, 2x, 2,6x (semuanyaoptical), dan 5xhybrid-zoom

Sebagai pelengkap, ada kameraultrawidedengan sensor 12 MP. Kamera ini punyafocal lengthsetara 15mm dan sudut pandang sampai 120 derajat.

Seluruh kameranya menggunakan lensa Leica Summilux yang dapat menangkap lebih banyak cahaya. Jenis lensa ini jadiupgradeyang sangat signifikan dari Xiaomi 13T yang masih menggunakan lensa Leica Summicron.

Dan info saja, lensa Leica Summilux sebelumnya digunakan pada Xiaomi 14, modelflagshipyang dirilis Xiaomi tahun ini. Di depan, ada kamera 32 MP yang diletakkan padapunch holedi tengah atas layar. 

Fitur lainnya, Xiaomi 14T Pro sudah dukung eSIM, NFC, WiFi 7, Bluetooth 5.4, dan tentu saja jaringan 5G. 

Yang menarik, Xiaomi 14T Series (terutama model Pro) membawa fitur-fitur AI yang canggih. Xiaomi 14T Pro menjadi salah satu ponsel Xiaomi pertama yang mendukung Circle to Search, fitur yang sebelumnya eksklusif untuksmartphoneGoogle Pixel dan Samsung kelashigh-endke atas.

Xiaomi juga menyertakan fitur AI lain, seperti AI Interpreter mengatasi hambatan bahasa selama rapat dan panggilan. 

Ada juga AI Notes dan AI Recorder yang meningkatkan efisiensi dengan transkripsi suara ke teks, pengenalan pembicara yang akurat, serta ringkasan cepat. Terjemahan secarareal-timejuga memastikan komunikasi multibahasa berjalan lancar.

Hanya saja, dari informasi yang kami dapatkan, Circle to Search baru tersedia pada 6 Oktober mendatang lewat update secara OTA.